Saturday, September 23, 2017

Dimulai dari hal yang kecil

Dalam sebulan ada aja jatah di daerah kami untuk pemadaman listrik, walaupun di sini penghasil batubara nomor 2 di Indonesia. Ironis sekali jaman udah merdeka selama 72 tahun, masih ada saja pemadaman listrik bergilir. Entah mungkin distribusinya kurang merata atau apalah.. sehingga selain itu kami pun merasakan voltase yang turun mendadak normalnya 220 volt bisa menjadi 150 volt.. kebayang deh, lagi enak menikmati ruangan dingin tiba-tiba AC mati dan susah dingin. Udah banyak peralatan elektronik yang jadi korban. Tapi usaha menghemat energi harus tetep dikampanyekan ke anak-anak.

Anak-anak mesti mengerti caranya menghemat energi, energi listrik terutama. Mematikan lampu, kipas angin yang sudah tidak dipakai. Menyalakan AC secukupnya, dan selalu menjaga agar pintu tertutup.

Kalau menghemat energi listrik ini otomatis pengeluaran untuk pulsa listrik bisa ditekan. Walaupun tarif listrik selalu naik. Demikianlah salah satu cara untuk menuju cerdas finansial, selalu mulailah dari langkah yang kecil.

No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...