Sunday, September 24, 2017

Tips cerdas finansial untuk anak

Dari buku yang disusun oleh Naila M.Tazkiyyah yang berjudul "Buku Harian Anak Cermat" Cerdas Dan Hemat ada 12 tips Cerdas Keuangan Untuk Anak. Saya tulis ulang disini agar lebih mudah mengingat dan gampang aksesnya.

1. Selalu sisihkan uang saku sebagai tabungan dulu sebelum diginakan untuk hal lain, lebih baik lagi kalau berbagi juga dijadikan prioritas.

2. Membawa bekal ke sekolah bisa menjadi alternatif penghematan. Membantu orangtua menyiapkan bekal snack atau makan siang jika diperlukan. Selain hemat karena uang jajan bisa ditabung, tentunya lebih sehat dan terjamin kebersihannya.

3. Selalu ingat, hanya membeli sesuai kebutuhan bukan keinginan. Misalnya saat kehausan setelah berolahraga dan kita lupa membawa bekal minum, cukup beli air mineral yang memang kita butuhkan untuk menghilangkan haus, bukan membeli minuman lain hanya karena ingin seperti minuman teman lainnya.

4. Matikan alat elektronik yang tidak dibutuhkan seperti mematikan lampu kamar mandi saat keluar, mematikan AC saat tidak diperlukan, menutup kulkas segera agar hemat energi dan penghematan lainnya

5. Sempatkan membuat daftar barang yang mau dibeli saat akan berbelanja, hindari membeli barang yang tidak diperlukan.

6. Pilih barang layak pakai milik kalian atau tetangga dan keluarga dekat, buat sebuah acara semacam Garage Sale dan hasil dari acara tersebut ditabung atau diberikan kepada saudara yang membutuhkan.

7. Pilah sampah yang ada di rumah berdasarkan jenisnya. Jika ada yang bisa didaur ulang maka pisahkan. Sisa sampah yang telah dipilah bisa ditabung juga di bank sampah yang ada di sekitar rumah.

8. Praktekkan pelajaran seni karya dari sekolah. Bagikan sebagai promo awal, jika ternyata disukai, bisa dijadikan salah satu usaha menambah tabungan.

9. Menawarkan jasa untuk mendapatkan penghasilan sendiri. Misalnya : menjaga adik kecil, membersihkan kebun dll

10. Mencari tambahan penghasilan dengan menjajakan dagangan di depan rumah misalnya jus buah, kue-kue atau lainnya.

11.  Bersama ayah atau bunda belajar membuka tabungan, menabung, mengambil uang dari bank atau jenis lembaga keuangan lainnya.

12. Jangan buru-buru membuang barang bekas. Coba buat kreasi dari barang-barang bekas. Misalnya membuat tas dari kaos bekas atau lainnya. Cari ide untuk reuse atau recycle barang bekas tersebut.

Demikian tips dari Naila M. Tazkiyyah perlu banget untuk dipraktekkan di keluarga kita. Mengajarkan kepada anak untuk menabung, berjualan untuk mendapat penghasilan yang halal, membeli sesuai kebutuhan dan bukan keinginan.

No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...