Tuesday, September 26, 2017

Main pasar-pasaran

Pada suatu hari, saya sedang memasak, mitha  anak 6 tahun tidak kehabisan ide untuk bermain. 
"Bunda, mitha main beras yaa?"
"Iya boleh.."

Lalu dia mencari kantong plastik, dan mulai berjualan, sedikit demi sedikit beras dimasukkan ke kantong plastik.

"Mitha lagi ngapain?"
"Mitha jualan beras, Bun"

Eh ternyata lagi berimajinasi

"Oh jualan, ini lho ada timbangan"

Lalu saya mengeluarkan timbangan untuk menimbang "jualannya". Saya jelasin sedikit tentang angka-angkanya klo ada yang beli sekilo jarumnya harus menuju ke angka 1 kg, berasnya ditimbang dulu dan seterusnya. Langsung dicoba. Ceritanya ada yang beli masing-masing 5 ons dan sebanyak 5 kantong. Mulailah dia menimbang, menakar berasnya dan memasukkan ke kantong plastik. Saya perhatikan aktivitas ini menjadi permainan yang menyenangkan buat dia. Selama beberapa waktu dia menikmati aktivitas "jualannya". Tidak lupa dia mengambil dompetnya dan mengambil uangnya sebagai alat pembayaran. Mungkin karena sering saya ajak ke pasar, dia selalu memperhatikan apa saja yang dikerjakan penjual, dan dia ingin mencobanya. 

Masih sangat panjang perjalanan untuk menuju cerdas finansial tapi semoga bisa menjadi bekal untuk melangkah ke tahap selanjutnya.


"Jualan beras"







No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...