Friday, March 27, 2020

Belanja sehat apa hari ini?











Hari ini belanja kecambah panjang, labu siam, kacang panjang, terong, timun, kangkung, udah kebayang mau numis kangkung pedes, yah tapi biar anak-anak bisa makan mau ga mau dikurangi level pedesnya. Bahan pelengkapnya tomat, lombok ijo lombok merah, tempe. 

Buahnya pisang kepok, pisang mauli, dan pepaya.
Pisang kepok ini pun biasanya hanya dipanggang, tidak ada proses goreng menggoreng lagi dalam dapur saya. Rasanya juga nikmat, tanpa tambahan susu kental manis, gula palm seperti dahulu. Sudah bertobat saya. 

Ikan patin
Ikan lele

Request dari anak-anak minta ikan patin dan lele. Naah patin dan lele ini pun hanya dipanggang, tidak digoreng. Dari badan ikan nantinya akan keluar minyak yang sehat dan diperlukan oleh tubuh kita. So, ga perlu goreng-goreng dan bebas jelantah pada akhirnya.

Tips tambahan belanja sehat

Beli sayur maksimal untuk 2 hari kedepan, karena terlalu lama di kulkas vitamin dan mineral bakal banyak yang hilang. Jadi 2 hari sekali saya harus mampir ke pasar untuk beli-beli sayur apa aja. Jadi tetep sehat di kantong karena ga perlu nyetok. Hehehe..

Untuk belanja fokusnya adalah membeli berbagai macam sayuran, protein, cemilan buah, umbi-umbian, sudah itu saja. Untuk karbohidrat berupa beras merah/cokelat/hitam saya masih membelinya di minimarket karena tidak tersedia di pasar tradisional. Berbagai jajan pasar, bubur-bubur, dan minuman lainnya tidak perlu dibeli, kalau bisa bikin sendiri karena selain lebih sehat juga lebih hemat.

Sejak menerapkan eating clean sangat jarang makan di rumah makan atau tempat makan lainnya. Harus masak setiap hari ternyata ga seberat yang saya bayangkan saat dulu. Karena jenis masakan eating clean ini sangat sederhana, mudah dan cepat. Dalam piring kita yang penting tersedia protein, karbohidrat, serat, vitamin dan mineral dalam sayur plus buah. Jika bisa dimakan mentah yaa mentah, klo harus dimasak tidak boleh terlalu lama, paling cepat rebus atau kukus, jika masih banyak waktu untuk menyiapkan, bisa dengan tumis saja. Sambil menyiapkan tumisan/sayur, sambil memanggang ikan. Anak-anak pun bisa menyiapkan makanan untuk keluarga, karena mudah.



Mari sematkan badge “very good” karena

-semua belanjaan sesuai prinsip eating clean
-foto kualitas biasa, sumber pribadi
-hanya diposting di blog


#tantangan30hari
#kelaskepompong
#bundacekatan
#ibuprofesional
#harikeempat

No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...