Tuesday, March 24, 2020

Belanja Sehat


Apa  itu belanja sehat?

Belanja dengan pilihan bahan-bahan yang sehat.

Belanja sehat dalam memilih sayur, buah dan bahan lainnya yang minim pestisida dan bahan kimia. Sayur klo bisa yang organik, klo tidak ada hidroponik lebih baik, atau apa yang tersedia di pasar.

Belanja sehat dalam memilih ikan

Ikan yang ada di pasaran bermacam-macam, ada ikan laut, ikan sungai dan ikan tambak atau yang dibudidaya. Paling sehat ikan yang berasal dari sungai klo di pasar dekat rumah ini, hanya ada ikan haruan/gabus, ikan lele, lazim disebut lele kampung, ikan papuyu, mirip seperti ayam, ada ayam kampung dan ayam broiler. Ada juga ikan yang dibudidayakan seperti ikan nila, ikan patin, ikan lele, ikan mas, ikan laut seperti ikan bandeng, ikan bawal, ikan bawal putih, ikan kakap, ikan tengiri, ikan tuna, ikan tongkol, ikan peda.

 

Belanja kali ini adalah sawi putih, bayam, wortel, tomat, kentang, daun bawang, seledri, lombok besar, hari ini ada jamur tiram, dan janggel atau baby corn. Ikannya ikan nila dan ikan peda. Buah-buahannya pisang dan pepaya. 

 

Jarang sekali beli ayam broiler paling hanya sebulan sekali untuk variasi karena ayam broiler adalah ayam yang diternak dengan pakan buatan pabrik dan disuntik dengan antibiotik, kurang bagus jika terlalu sering, bisa mempengaruhi pertumbuhan anak, semisal puber dini atau gangguan lainnya, dan mengakibatkan menumpuknya zat-zat asing dalam tubuh sehingga dalam jangka panjang bisa menyebabkan kanker atau penyakit degeneratif lainnya.

Sangat diusahakan membeli ayam kampung yang asli bukan ternak dengan makanan pabrik. Itupun hanya sebulan sekali. Selebihnya memakan banyak ikan yang segar.

Alhamdulilah semua suka ikan, kecuali suami yang masih milih-milih, hanya ikan yang berduri jarang, seperti ikan patin, nila dan ikan bawal.

Belanja sehat dalam memilih buah

Berhati-hati dengan buah yang bibitnya adalah GMO atau (Genetically Modified Organism) ciri mudahnya buah ini punya sifat-sifat unggul namun tidak mempunya biji, contoh semangka, sebaiknya pilih yang tanpa biji) Jika terlalu sering mengkonsumsi produk GMO, kanker juga akibatnya. Pilih buah lokal saja yang matang di pohon tidak memakai karbit/zat tambahan untuk mempercepat kematangan buah. Buah lokal seperti jeruk, langsat, melon, mangga.

Biar lebih sehat lagi, belanja dengan membawa wadah sendiri dan tas belanja sendiri yang bisa dipakai berulangkali. Sudah terlalu banyak plastik di dunia ini, kurangi pemakaiannya.

Very good badge untuk hari ini


#tantangan30hari
#kelaskepompong
#bundacekatan
#ibuprofesional
#harikedua


No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...