Monday, March 30, 2020

Strategi Belanja

Setelah mendapat kabar bahwa ada 1 orang yang terinfeksi Covid-19 di wilayah Tabalong, saya jadi makin was-was. Yang tadinya ke pasar 2 hari sekali demi mendapatkan sayuran yang masih fresh dan tidak disimpan terlalu lama, sekarang perlu mengubah jadwal, mungkinkah 3 hari, 5 hari atau sepekan sekali?

Yang penting harus tercukupi sayur, berbagai macam sumber protein, dilengkapi dengan bahan kacang tanah, kacang hijau, beras ketan, umbi-umbian, buah-buahan dan bumbu-bumbu dapur.

Bismilah semoga belanja hari ini dan hari-hari berikutnya aman saja.

Cukup banyak tentengan hari ini, klo dilihat-lihat lebih banyak dari biasanya berharap bisa bertahan sampai 4 hari tanpa ke pasar.

Sayurnya ada kecambah, bayam, kacang panjang, oyong, pare, tomat dan ketimun, sumber protein berupa tempe, telur bebek, ikan nila, ikan patin, ikan lele, cumi-cumi, udang. Buahnya ada langsat tanjung dan pisang kapas. Untuk cemilan saya beli kacang tanah dan beras ketan putih.






Yang perlu diperhatikan cara penyimpanan sayurnya, boleh dengan dibungkus koran terlebih dahulu agar lebih awet dan tidak terlalu layu karena dinginnya kulkas. Sedangkan ikan sebagian dimasukkan ke freezer sebagian lagi ke chiller untuk yang langsung dimasak hari ini. Sebelumnya ikan dibersihkan dan cuci, sekaligus dibumbui jeruk nipis dan garam himalaya. Jika keadaan lebih darurat lagi, mungkin baru akan perlu persediaan makanan kaleng, seperti abon. Tapi semoga keadaan segera terkendali dan tidak menjadi darurat.

Semoga badai covid-19 cepat berlalu dan dapat hidup normal seperti biasa. Semoga tidak ada lagi korban yang bertambah, yang positif terinfeksi dapat sembuh dengan sempurna. Tetap tinggal di rumah sampai situasi memungkinkan untuk beraktivitas lagi seperti biasa.

Badge kali ini adalah “very good” karena tetap semangat untuk belanja sehat demi asupan makan untuk keluarga. 









#tantangan30hari
#bundacekatan1
#tahapkepompong
#institutibuprofesional
#harikedelapan



No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...