Thursday, March 26, 2020

Masak sehat

Halo ketemu lagi di tantangan hari ke-3 tentang masak sehat. Menjalani Eating Clean sudah hampir 2 bulan ini, alhamdulilah masak jadi ga ribet, yang penting ada sayur, buah, protein, karbohidrat. Cara masak yang sederhana, bahan-bahan lokal yang mudah di dapat, ga perlu memakai zat aditif, bumbu instan dan bahan lainnya yang malah bikin ga sehat.

Masak yang enak itu gampang yaaa..
Yang butuh tantangan ituu masakan enak tapi juga sehat.


Apa saja tips masak sehat itu?

-Menggunakan bahan-bahan yang segar
-Bila perlu gula tambahkan sedikit gula kelapa, bukan gula putih
-Pilih garam himalaya atau garam laut asli, bukan garam buatan yang sudah diproses dan ditambah zat tertentu
-Hindari masakan bersantan, kalo saya kecuali sedang kangen masakan sayur lodeh, bikin santan yang agak encer saja dan tidak dipanasi bolak-balik seperti kebiasaan sebelumnya, makin sering dihangatkan makin enak. Sesungguhnya santan menjadi kurang baik jika dipanaskan, apalagi jika dihangatkan berulang kali. Setelah 2 bulan saya baru masak lagi sayur ini.
-Pakai MSG alami, saya pakai tomat hampir tiap masakan.
-Hindari kecap, saus, sambel botolan. Kebanyakan semua itu adalah bahan tambahan makanan kimiawi, boleh dicek komposisi atau ingredient-nya. Ada kecap sehat, tapi saya belum menemukannya. Sebagai gantinya apa? Saus dari tomat asli diblender dan dimasak sesuai selera, misal bareng udang, daging, ikan, atau ayam. Lebih mahaal? Iyaaa memang kalo dibanding saus botolan biasa. Tapi klo inget sehat itu investasi dan kita hanya akan makan kalau baik buat tubuh kita, rasanya ga jadi mahal.
-Hindari masak dengan cara menggoreng sampai tenggelam atau deep fries. Karena hanya akan menambah kalori dan menambah lemak jahat dalam tubuh. Pakai sedikit minyak hanya untuk menumis atau saat memanggang bila perlu. Pakai minyak sehat, minyak kelapa atau olive oil yang asli. 


 Ikan papuyu panggang
Ikan nila panggang tanpa minyak



-Memasak sayur jangan terlalu lama, usahakan jika dimakan sayur tersebut masih renyah, tidak terlalu lembek atau lonyot klo bahasa jawanya. Untuk menjaga agar vitamin dan mineral tidak hilang

Tumis bayam dan tahu











-Ganti karbohidrat nasi putih dengan nasi merah/cokelat/hitam, karena lebih sehat. Nasi putih berasal dari beras putih yang tidak terdapat lagi kulit arinya. Jadi nasi putih yang kita makan sudah tinggal ampasnya

Tips inilah yang sudah saya lakukan, sulitkah? Iyaa lumayan, tapi klo hadiahnya adalah tubuh yang sehat tambah semangat lagi untuk melakukannya.


Demikian tips untuk hari ini..

Perlu disematkan badge “very good”

#tantangan30hari
#bundacekatan1
#kelaskepompong
#hariketiga

No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...