Tuesday, March 24, 2020

Menyusun Aktifitas “Hidup Sehat”


Bismillah

Sampai juga di tahap kepompong ini tahap ini ada 2 jurnal, jurnal mingguan berisi tentang puasa sebuah laku yang menghalangi sampai ke tujuan, simulasinya sampai 4 minggu, sedangkan jurnal harian berisi tentang kegiatan atau aktivitas yang konsisten dilakukan selama 30 hari berkaitan dengan keterampilan yang kita ingin cekatan di dalamnya.

Salah satu yang saya prioritaskan untuk cekatan adalah “hidup sehat” mencakup di dalamnya project Eating Clean keluarga. Yang ternyata menjalani Project Eating Clean merembet kemana-mana efeknya. Untuk hidup sehat tidak hanya asupan makanan saja, tapi pola hidup sangat penting, rutinitas berolahraga bukan cuma sekali-sekali atau sesempatnya, pola tidur harus baik, tidur awal dan bangun awal, dengan waktu yang cukup, mengelola stress, kalau saya lebih cocok dengan metode spiritual, rilis emosi dan berusaha connect ke Sang Pencipta. Efek lain lagi berkurangnya sampah jajan anak-anak, sampah cemilan-cemilan yang kriuk-kriuk sebab telah berganti dengan cemilan jadul serupa ubi kayu, ubi cilembu dan ubi-ubi lainnya, juga pisang-pisangan, pepaya, mangga, semangka, jeruk, dan buah lokal lainnya.

Walau ternyata budget untuk makan sehat ga selalu lebih murah sih..klo udah mulai itung-itungan kaya gitu, perlu ingat lagi, makan sehat dan hidup sehat adalah investasi bukan ongkos atau biaya. Namanya investasi baru kerasa banget setelah 10, 20 tahun kemudian. Tinggal memetik hasilnya mau panen penyakit atau tetap sehat bugar. Makin tua makin cantik, makin tua makin sehat. Memilih untuk hidup sehat itu mudah.. menjalaninya ga bisa sendirian, makanya saya ajak-ajak suami dan anak-anak. Alhamdulilah walau banyak protes tetep jalani aja dengan sedikit-sedikit memberi pengertian. Dan “paksaan” juga, karena tidak memberi pilihan makanan selain yang disediakan.

Jadi tantangan saya 30 hari kedepan adalah komitmen dan konsisten untuk hidup sehat. Gambaran kegiatan atau aktivitas yang akan dilakukan bervariasi bisa dengan
-Membuat artikel tentang fakta kesehatan
-Mereview buku tentang kesehatan
-Aktivitas belanja sehat
-Aktifitas menyediakan menu sehat
-Aktifitas Olahraga
-Sedikit aktifitas tentang rilis emosi

Kira-kira aktifitas tersebut yang membuat saya bahagia, tadinya saya pengen nih tantangan 30 hari membuat menu sehat selama 30 hari, tapi kok jadinya beban yaa.. Naah jadinyaa cari tantangan yang bikin kita bahagia. Bukan jadi beban.

Menyusun aktifitas ini adalah tantangan saya di hari pertama, karena jujur..(emang daritadi saya ga jujur? Enggaklaah ini penekanan aja klo saya harus bilang) saya agak mikir keras tadi, mau ngapain yaa yang bisa saya lakukan konsisten. Jadi inget hadits nabi “Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinu walaupun itu sedikit.”

Jadi inilah “hal kecil” yang akan dilakukan, bismillah semoga ikhtiar ini membuat jiwa, raga, social, spiritual menjadi sehat tidak hanya diri sendiri namun juga bersama hometeam kami “Jelajah Dunia”



#tantangan30hari
#kelaskepompong
#bundacekatan
#ibuprofesional
#haripertama

No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...