Friday, May 12, 2017

Siapkan diri mendampingi anak mencapai tujuan belajar

Selama mendampingi anak-anak ini perlu kepekaan terhadap reaksi anak-anak terhadap stimulus yang diberikan, perlu pencatatan khusus setiap anak, karena setiap anak berbeda. Dan karena alasan memory atau daya ingat yang terbatas bagi orang tua (ini sih sayaa...hahaha)

Tantangan mengamati gaya belajar anak, bisa sebagai bahan refleksi juga. Bahwa selama ini setiap perkembangan anak-anak jangan sampai dilewatkan begitu saja. Perkembangan anak-anak tak hanya fisik yang jelas terlihat, tapi juga perkembangan cara berpikirnya, cara belajarnya, cara yang dipakainya untuk mendapatkan ilmu. Lihat juga diri sendiri dan pasangan, bagaimana gaya belajarnya, biasanya ga jauh-jauh dari kita sebagai orangtua. 

Sebagai observer atau pengamat bagi anak-anak tugasnya ya mengamati, menstimulus, tanpa campur tangan atau interfensi dengan melebeli anak, menjudge anak, terlalu cepat menentukan. Dan tidak melupakan bahwa tiap anak itu unik, tidak ada harga mati untuk gaya belajar, tidak ada yang terbaik dalam gaya belajar dan kita tidak sedang menuju sebuah gaya belajar yang sempurna. 

Tapi kita sedang menuju pada bagaimana menemukan style belajar anak-anak, dan mencari ilmu yang mereka perlukan berdasarkan style yang mereka punyai. Dengan style itu anak-anak bertambah rasa ingin tahunya, bertambah AHA momentnya, bertambah daya kreasi dan imajinasinya, dan   bergairah dalam menemukan sesuatu, yang penting, akhlaknya bertambah mulia.

Tantangan mengamati gaya belajar anak ini juga menuntut orang tua untuk bener-bener mendampingi anak, bukan hanya di dekat anak, tapi memaknai kebersamaan bersama mereka. Klo hanya berada di dekat mereka terlalu mudah rasanya tugas sebagai orang tua. Bismilaaah tantangan ini tak cukup sepuluh hari namun akan terus berlanjut sampai anak-anak menemukan kenyamanan dalam mencapai tujuan belajar.

 

No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...