Sunday, September 26, 2021

Jurnal 5 Identifikasi Aksi



Bismilah

Setelah menentukan tujuan pada tahap sebelumnya, selanjutnya adalah mengidentifikasi AKSI.
Mau bikin aksi apa?
Mau melakukan apa pada tahap ini?
Yang dituangkan dalam media sosial milik tim.

Selain milestone yang sudah disusun dan mulai menjalankan milestone 1 tersebut, yaitu tim kami mulai melakukan berbagi ilmu melalui Ruang Berbagi Ilmu yang telah kami siapkan, masih di lingkup private, kami juga memberikan muatan berupa Highlights issue yang diangkat dan campaign tim dalam media sosial yang kami punya. Memulai perjalanan dengan peta SMART yang kami pegang untuk dijadikan panduan, kami mulai menambah ritme perjalanan kami, agar energi tetap terjaga dan tetap semangat.

Highlight apa yang berhubungan untuk konsep Tim/inovasi sosialnya?

Highlight issue tim kami saat ini adalah menampilkan aktivitas harian selama pandemi yang disesuaikan dengan passion atau interest masing-masing.

Krn tim kita tentang berbagi ilmu, jadi apa yang mau kita informasikan ke orang lain adalah seputar pentingnya berbagi ilmu, bagaimana cara berbaginya dan ilmu apa yang akan dibagi.

Misalnya:

-berbagi ilmu punya banyak manfaat
-berbagi ilmu dapat menjadi amal jariyah
-jangan takut untuk berbagi ilmu
-seluk beluk tentang public speaking
-seluk beluk tentang live streamyard
-emak-emak cerdas digital, emak-emak bebas gaptek
-berbagi pengalaman menarik apapun bagi para ibu termasuk humor “receh” keseharian

-menyelesaikan masalah tentang apa (tentang dapur tim)
-apa saja yang sudah dilakukan tim (tentang dapur tim)
-apa saja yang akan dilakukan tim (tentang dapur tim)

Jadi isi media sosial tim akan seputaran hal tersebut selain daily activity during pandemic.



Timeline Highlight tersebut bagaimana?



Tim kami mengaturnya sebagai berikut:

Saat awal peluncuran akun instagram yang akan kami pakai, kami akan posting 60 feed secara bertahap isinya tentang perkenalan, latar belakang dan tim yang ada di dalamnya. Deadline Selasa, 28 September 2021. Untuk selanjutnya kami akan posting satu hari satu grid, dan setiap member mengambil peran untuk menyelesaikan 1 pekan 1 grid. Bismilah semoga tercapai dan bisa memegang komitmen.





Media Sosial

Website adalah rumah virtual tim, semua informasi tentang tim dan tentang gerakan ada di sana. Fungsinya sangat penting karena seluruh gagasan Tim ditampilkan utuh di website. Website menjadi rujukan untuk konten di media sosial tim.

Website kami masih sangat baru dan kami berkomitmen membangunnya sedikit demi sedikit. Changemaker journey tim kami dituangkan dalam website ini.


Ini link website kami :

www.diyangbinangkit.blogspot.com

Media sosial lainnya yang kami pakai adalah Instagram dan Facebook Page, berfungsi sebagai kendaraan kampanye tim. Dengan dua platform inilah kami akan mengenalkan gerakan kami, mengkampanyekan gagasan kami dengan penyajian yang menarik. Kedua media sosial ini sering dipakai para ibu dan semoga menjadi semakin dikenal dan bermanfaat. Kami memulainya dengan follower dari member kami sendiri.

Ini link Instagram kami:

https://instagram.com/diyangbinangkit?utm_medium=copy_link

Ini link Facebook Fanpage:

https://m.facebook.com/Diyang-Binangkit-238727911382901/



Sedangkan untuk menjalankan milestone 1, yaitu berbagi ilmu secara intern, kami memakai platform Facebook Group dan Youtube Channel dengan link sebagai berikut:

Facebook Group

https://www.facebook.com/groups/872074287040035/


Youtube Channel:

https://youtube.com/channel/UCss_NB_el_il8yXKawIqcTg


Campaign Program

Campaign tim kami isi dengan memperkenalkan Tim Diyang Binangkit, memperkenalkan program/gerakannya. Jenis campaign yang kami lakukan adalah dengan posting di media sosial bisa dengan video, multiple picture, dan caption yang sesuai, dengan hashtag tertentu yang sesuai. Sampai saatnya nanti kami berkomitmen melakukan live streaming secara open public. Dengan platform Instagram, Facebook Fanpage.

Dalam melakukan campaign ini tim kami memiliki strategi dalam posting Instagram agar lebih menarik, melakukan usaha agar banyak orang yang mampir ke media sosial kami, sehingga engagement tercapai dan maksud dari tim dapat tersampaikan dengan baik.







Updates

Tim kami telah menuliskannya.

Updates ini dikerjakan dalam bulanan, bisa 1/2/3 bulanan tergantung kebutuhan. Setelah adanya updates dan analisis SWOT dapat dilakukan strategi baru lagi kedepannya.


Berikut analisis SWOT tim kami





Fundrising
Untuk fundrising sampai dengan tahap ini kami belum memerlukannya.


Saat ini ada member tim yang exit dikarenakan kesibukannya, agar lebih optimal dalam menjalankan bisnisnya maka salah satu member tim mengajukan untuk exit group dan akan bergabung kembali saat sudah kondusif.


Demikian jurnal Identifikasi Aksi


#materi5
#IdentifikasiAksi
#ibupembaharu
#bundasalihah
#darirumahuntukdunia
#hexagoncity
#institutibuprofesional
#semestakaryauntukIndonesia





No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...