Tuesday, July 25, 2017

Temukan Matematika di sekitarmu

Matematika itu ada di sekitar kita lho bukan hanya berupa hitung-hitungan yang tanpa kita tau gunanya untuk apa. 

Kalau dulu saya masih anak SD, belum ngerti deh ngapain saya belajar matematika ini.. tapi seneng aja ngerjain itung-itungan, kalo udah nemu, puas rasanya...Ternyata ada donk gunanya..

Buat anak yang alergi matematika lihat angka-angka udah berubah moodnya langsung cemberut, ga bisa mikir dan pengennya lari dari kenyataan.. hehehe. Penanganannya tentu harus diketahui dahulu penyebabnya. Kalau trauma, harus disembuhkan dulu traumanya sebab apa. Kalau ga suka apa karena gurunya atau karena memang belum mengerti dan ga ada yang bisa membuat dia mengerti? PR lagii ini..

Padahal kalo mau menggunakan sedikit saja kemauan dan menjaga semangatnya, matematika itu bisa jadi seru dan bikin nagih.. bener nggak? Apalagi fitrah anak itu cerdas tinggal stimulannya nih yang diperbaiki.

Hayuuuk kita kaitkan matematika dengan kehidupan nyata, salah satunya seperti di bawah ini.

Mitha berumur 6 tahun belum terlalu fasih membaca jam, yang dia tahu jika jarum jam tepat di angka 12 dan jarum pendek di angka tertentu. Kalau sudah bergeser dari angka 12, masih bisa menyebutkan dengan benar kalau bergeser ke angka 1 dan 2 yaitu lewat 5 menit atau lewat 10 menit.. selebihnya masih harus dipandu. 

Belajar membaca jam harus mengerti dulu perkalian 5 karena di jam dinding hanya tertulis angka 1 sampai 12 saja padahal menitnya adalah sebanyak 60 menit. 

Untuk memudahkan dia belajar, bisa dicontohkan misalnya: 20 menit lagi ayah akan pulang dari kantor, sementara jam menunjukkan pukul 17.40 menit. Anak bisa kita pandu untuk menghitung dari posisi pukul 17.40 ke posisi 18.00 

"5, 10, 15, 20"

Jari kita sambil menunjuk ke angka pada jam tersebut, diharapkan anak bisa mengerti. Dan jika dilakukan dengan menyenangkan anak tidak merasa sedang belajar matematika. Tidak ada trauma dan tekanan batin..

Duuuh..

No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...