Friday, July 14, 2017

Aliran rasa menstimulasi anak membaca

Aliran rasa menstimulasi anak senang membaca

Anak-anak pada dasarnya senang hal-hal baru, termasuk membaca. Dengan membaca  , anak menemukan sesuatu yang baru, pengetahuan, cerita yang mengasyikkan, cerita yang memberi hikmah dan membuka wawasan. Namun anak-anak rentang konsentrasinya pendek, agar tidak bosan, perlu diselingi dengan kegiatan lainnya. 

Agar anak suka membaca orang tua perlu memberi contoh, dengan sering membaca buku yang kita sukai. Anak yang melihat orangtuanya membaca biasanya anak juga mengambil buku yang ia sukai dan ikut-ikutan membaca. Buku-buku untuk anak-anak ditempatkan di rak yang mudah terjangkau dan mudah diambil. Anak dengan umur 10 tahunan sudah bisa membaca sampai selesai, sedangkan anak saya yang masih berumur 6 tahun sebentar saja sudah bosan, dan ingin didampingi. Akhirnya saya melepas buku saya dan menemani dia membaca. Bisa dengan mendengarkan saja, menceritakan kembali atau mendengarkan dia untuk menceritakan kembali, ini pun belum tentu dia mau, masih harus sering-sering ditumbuhkan keinginan berceritanya.

Saya sadar banget kalau kemampuan membaca huruf dan memahami tidak berbanding lurus.

Kilas balik waktu dulu masa kecil, sukanya membaca majalah bobo dan donal bebek, yang banyak gambar dan warnanya. Serial 5 sekawan, saya ga suka karena ceritanya panjang dan tentang petualangan, dulu banyak ga ngertinya. Kalo waktu ulangan atau ujian SD, paling males soal cerita matematika dan bagian wacana Bahasa Indonesia hehehe. Semakin besar dan dewasa membaca bukan hanya kewajiban tapi sudah merupakan kebutuhan untuk memuaskan rasa ingin tahu, menambah pengetahuan dan wawasan. Sejak kuliah tepatnya mulai menyenangi dan mencintai buku. Dan baru-baru aja sampai pada kesadaran bahwa membaca itu "hanya" kegiatan konsumtif. Kita harus mengolahnya menjadi kegiatan yang produktif yaitu dengan bernarasi baik secara lisan maupun tulisan. Dan anak-anak sedang dibimbing ke arah itu, klo udah umur-umur seperti saya hmmmm udah telat siih tapiii better late than never...tetep bisa ditumbuhkan kebiasaan bernarasinya.

Tetap semangatt mendampingi anak-anak mencapai kemampuan membaca, memahami, menceritakan kembali secara lisan  atau tulisan.


No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...