Saturday, December 14, 2019

Lacak Kekuatanmu

Lacak kekuatanmu


Langkahnya adalah dengan mengelist daftar aktivitas yang dikelompokkan dalam 4 kuadran. 


I Bisa dan suka

II Tidak bisa dan Suka

III Tidak bisa dan tidak suka

IV Bisa dan Tidak Suka


Dalam proses mengisi kuadran-kuadran ini ada proses menggali pada diri sendiri. Proses bertanya, merenungi, bahkan flashback selama puluhan tahun. Woow


Setelah dilist banyak sekali aktivitas di kuadran tidak bisa namun suka ternyata minat saya banyak juga tapi kurang ilmu. Aktivitas bisa dan suka juga banyak, namun harus fokus dulu di lima aktivitas yang membuat bahagia. Apakah ituuu..?


Aktivitas itu adalah menulis, beres-beres rumah, memasak, berenang, traveling. 


Menulis

Setiap orang bisa menulis masalahnya mau atau tidak menekuninya. Saya masih belum fokus untuk menulis, hasil tulisan tidak usah dipikirin seharusnya, tulis saja, saya masih banyak alasan untuk rajin menulis. Bismilah semoga bisa fokus dan semangat untuk menulis apapun. Dengan menulis pikiran lebih tertata dan tidak ruwet.


Beres-beres rumah.

Berawal dari rumah yang banyak tumpukan barang, mencoba belajar bagaimana cara menata rumah, mengikuti kelas konmari yang akhirnya menjadi kelas gemarrapi, saya menginginkan rumah yang sehat dan sedap dipandang. Walau masih belum sukses setidaknya hal ini cukup membuat bahagia.


Memasak

Memasak salah satu aktivitas seru juga walau menguras energi dalam prosesnya. Bahagianya terletak saat memasak, bisa sambil denger lagu, atau mendengar anak bercerita. Menikmati proses masak, proses icip-icip dan koreksi rasa. Pernah gagal juga masak, tapi ga kapok tetep pengen selalu masak. Selain karena perlu aktivitas ini karena kebutuhan, juga sebagai ajang latihan biar lebih berpengalaman.


Berenang.

Diawali dengan aktivitas berenang yang saya suka namun tidak bisa, akhirnya si berenang ini pindah kuadran menjadi aktivitas yang suka dan bisa. Semoga nanti aktivitas lain yang ada dalam kuadran suka namun tidak bisa, sedikit demi sedikit pindah kuadran ke suka dan bisa. Aamiiin.

Berenang ini membuat bahagia banget, setelah bisa satu gaya aja, enak banget sensasinya. Sambil berlatih nafas, ritme pernafasan menjadi teratur, pasokan oksigen ke tubuh bertambah, dan badan menjadi lebih segar dan sehat.


Traveling.

Bentuk traveling bisa sendiri, bareng keluarga atau bareng teman. Bisa pake koper atau ransel dengan kata lain bisa dengan budget pas-pasan atau sekali-sekali dengan budget yang longgar, bahkan camping dengan fasilitas seadanya. Banyak yang dilakukan dengan kita melakukan traveling, misal fotografi, wisata kuliner, videografi, menulis, memasak juga bisa. Bahagia banget walau pulangnya jadi banyak cucian.


Bismilah fokus, komitmen, dan konsisten



#janganlupabahagia

#jurnalminggu1

#materi1

#kelastelurtelur

#bundacekatan1

#institutibuprofesional










No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...