Wednesday, March 7, 2018

Tidying Festival - Pakaian

Mulai berbenah pakaian




Keterangan Foto:
1. Foto lemari pakaian saat ini (before)
2. Foto smua pakaian yang sudah terkumpul (step 1)
3. Foto baju-baju yang disisihkan dari lemari dan akan didonasikan

Keterangan: 
Untuk foto pakaian yang sudah lulus uji spark joy sebelum dilipat (step 2) sayang sekali tidak sempat difoto dan sudah terlanjur dilipat.

4. Foto pakaian yang sudah dilipat ala Konmari.
Untuk foto 4, 5, 6

#konmariindonesia 
#shokyuuclass 
#konmarimethod



Dalam berbenah kali ini paling sulit adalah menentukan baju mana saja yang akan masuk ke lemari, baju mana saja yang spark joy. Saya kemudian berpikir ulang untuk membeli baju, banyak sekali baju yang saya beli ternyata tidak sering saya pakai bahkan belum pernah saya pakai. 

Ditambah lagi ketonjok dengan materi semalem the story of cotton.. bagaimana perjuangannya baju bisa sampai ke tangan kita. Luar biasa pengorbanannya. Melibatkan alam dengan sumber daya airnya untuk menumbuhkan tanaman cotton yang haus air, proses penciptaannya menjadi sebuah baju melibatkan tenaga manusia, tenaga mesin dan lain sebagainya. Dan juga membutuhkan air yang setara dengan kebutuhan satu orang selama 900 hari. Luar biasaa. Belum lagi memerlukan pengangkutan agar sampai ke tangan kita, dan memerlukan banyak energi untuk merawatnya. Perlu dicuci, dijemur, disetrika. Lebih-lebih lagi jika dikeringkan dengan dyer, bertambah energi yang dibutuhkan.

Pikirkan kembali seberapa seringkah kita mencuci pakaian sedangkan ketersediaan air di muka bumi ini 97% adalah air laut, 2%nya adalah es di kutub, Hanya 1% yang tersisa. Dari 1% tersebut 70%nya untuk keperluan tumbuhnya tanaman, 30%nya saja yang bisa kita manfaatkan. 

Lalu renungkanlah
Seberapa banyak baju yang kita perlukan? 
Seberapa sering kita mencuci pakaian?
Yang bisa kita lakukan adalah berhemat, hemat air dengan tidak terlalu sering mencuci, hemat energi dengan tidak memakai dryer untuk mengeringkan pakaian, dan hanya menyetrika untuk pakaian tertentu saja.

Sumber inspirasi “national geographic”

Itulah mengapa kita dilarang mencela hujan. Hujan adalah salah satu bentuk recycle air di alam. Dari hujanlah kita peroleh sumber air. Sebisa mungkin hujan bisa terserap ke dalam tanah kembali, bukan melimpas dan akhirnya ke laut. 

Metode berbenah, namun dampaknya bisa sejauh ini. Banyak disadarkan karena telah berperilaku boros dan tidak pikir panjang akan dampaknya terhadap alam semesta. 

No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...