Sunday, June 7, 2020

Mentoring 3 Membuat Tujuan dan Rencana


Jujur, ada rasa pengen mundur dari kelas ini, serasa tidak siap dan amburadul, banyak sekali hal-hal yang baru yang ingin dipelajari. Merasa tidak tune in dengan segala macam tahapan ini. Mengerjakan dengan terpaksa, hanya karena deadline, mengerjakannya hanya karena tidak enak dengan mentor atau mentee. Merasa tak sanggup jadi mentor, ga tau harus bagaimana menjalani menjadi mentor yang baik. Serasa banyak sekali yang harus dikerjakan yang menjadi prioritas pertama, yang akhirnya doing nothing.

Banyak hal negatif lainnya yang bersliweran.
Saatnya harus mengatakan “cancel, cancel go away..”

Bismilah dengan nama Allah aku mengerjakan ini, aku ingin hidupku lebih baik, aku ingin hidupku sesuai kemauanMu menciptakan aku. Aku berusaha untuk itu, kalau tidak karena Engkau untuk apa aku bersusah payah begini. Cara yang sudah pernah “works” di orang lain semoga bisa “works” juga di diri ini. Hanya di bidang yang berbeda, di bidang masing-masing.

Bismillah Bismillah Bismillah

Ya Allah beri aku banyak energi positif juga keberkahan dalam ilmu yang sedang aku pelajari. Jangan sampai hal ini menjadi sia-sia. Dalam perjalanannya aku memohon tetapkan hati dan jiwa ini untuk niat karena Engkau, dan aku yakin Engkau akan memberikan petunjuk dan bimbingan untuk hidupku di sepertiga terakhir umurku. Karena aku memintanya dan mengusahakannya. Aku ikhlas dan aku pasrah ya Allah..aku ikhlas dan aku pasrah..

Bismilaah, aku mohon tuntun dan temani aku dalam menuliskannya. Aku titip semua hal diluar kemampuanku hanya kepadaMu.

Setelah sekitar 2,5 sampai 3 jam, memahami kembali rekaman live Bu Septi di FBG Bunda Cekatan, pelan-pelan akhirnya paham maksudnya dan Alhamdulilah ya Allah aku sudah selesai menuliskannya, terimakasih ya Allah..

 




 

Ada banyak yang belum tertulis, misalnya target-target mendampingi atau sebagai fasilitator proses belajar untuk anak di rumah, membuat portofolio mereka, dan banyak lagi. Terkait hobby baru saya yaitu motret. Asyiiikkk….

Jadi intinya adalah darn tahap sebelumnya sudah menghasilkan mindmap, dari mindmap itu dijabarkan lagi menjadi bidang apa kita ingin cekatan di dalamnya. Misal kalau saya bidang komunikasi, kesehatan, manajemen. Jabarkan masing-masing bidang mengenai tujuannya “Pada akhirnya saya akan berada di titik ini”, bisa dibilang ini tujuan jangka panjang, dengan deadline kita tentukan berdasarkan seberapa besar penilaian kita terhadap diri sendiri. Sedangkan tujuan jangka pendeknya bisa dengan menentukan hal berikut: 

“Dalam 1-2 bulan saya berada di titik ini”
“Dalam 1-2 tahun saya berada di titik ini”

Untuk mencapai tujuan tersebut langkah-langkah yang diambil harus nyata. Setiap tahapan tujuan, identifikasi keterampilan apa saja yang harus dilakukan dan dikuasai. Lakukan dengan komitmen, konsisten, dan disiplin. Utamakan melibatkan Allah dalam setiap langkah.

Kemudian di minggu ketiga ini, sebagai simulasinya ambil satu saja bidang yang menjadi prioritas. Kerjakan sampai tuntas, tentu saja kemungkinan belum tuntas di kelas bunda cekatan ini, namun kita sudah mengetahui gambaran yang akan dikerjakan. Konsultasikan dengan mentor kita untuk mendapatkan feedback atau masukan yang baik. Batas waktu bunda cekatan ini adalah 8 minggu. Sekarang berada di minggu ke-3 sedangkan minggu ke-4, akan ada lagi materi baru terkait mentoring. Selain menjadi bekal diri sendiri, belajar di bunda cekatan ini juga menjadi bekal untuk mendampingi anak-anak di rumah.

Jadi untuk rencana dan langkah-langkah sesuai mindmap saya sudah tertulis pada lampiran, saya telah mengkomunikasikannya dengan mentor saya. Jika ada masukan dari mentor saya akan saya report pada jurnal saya berikutnya. Dan ada juga report dari mentee tentang rencananya mempraktekkan eating clean secara keseluruhan. Secara umum audah lengkap sekali yang akan dilakukannya, dimulai dengan hal yang mudah dan dilakukan secara terus menerus, setahap demi setahap. Semoga sukses programnya yaa partner belajarku.

#jurnalmingguketiga
#tahapkupu-kupu
#bundacekatan1
#institutibuprofesional

No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...