Monday, July 6, 2020

Mentoring 7 Rayakan Kemajuan


Bismillah

Pekan ini memasuki pekan ketujuh, setelah melewati fase false celebration, kemudian master mind untuk fokus pada kesuksesan, saatnya di pekan ketujuh ini merayakan kemajuan, mengapresiasi kemajuan walaupun kecil karena akan membuat kita fokus, akan membangun momentum sehingga bisa menguatkan perjalanan kita di kehidupan nyata.

Fokus pada keberhasilan, fokus pada tujuan mau kemana. Membangun kefokusan itu dengan merayakan setiap kemajuan yang ada walau kecil. Karena akan mengeluarkan hormon endorfin yang membuat kita tenang dan nyaman. Kedepannya diharapkan bisa konsisten untuk menjaga apa yang sudah dituliskan. Saat merayakan kemajuan kita jadi paham bahwa kita akan tetap pada tujuan tersebut atau menggantinya. Hal ini tidak bisa dilakukan jika kita tidak paham kemajuan-kemajuan kita.

Begitulah materi singkat dari bu Septi.

Untuk pekan ini yang kita lakukan:
1. Merayakan kemajuan program mentoring sampai pada pekan ini bersama mentor atau mentee, dengan cara menuliskan kemajuan mentor dan mentee dari awal sampai dengan sekarang.
2. Warnai kupu-kupu versi terbaik darimu, jika cerah menggambarkan senang jika gelap sebaliknya.

Mari kita mulai

Kemajuan mentor
Saat awal saya ingin berpartner dalam mentorship, sempat beberapa kali diyakinkan oleh mentor, “Benerkah mau jadi mentee saya” katanya. Dan saya jawab iyaa bener, karena saya hanya ingin sedikit perubahan baik dalam diri saya dan target saya tidak terlalu berat kalau saya mengukurnya sebagai mentor. Tapi bagi saya hal ini cukup menantang. Semoga saya bisa menaklukkan.

Akhirnya mentor mau menerima saya sebagai mentee dan mentor saya mendampingi saya untuk mencapai tujuan.

Tanggapan positif dari perkembangan-perkembangan kecil saya, terus diapresiasi.

Saya pun diberikan challenge yang belum mampu saya tunaikan.

Sampai beliau memberikan kebebasan untuk melakukan hal yang membuat saya bahagia. Dan hal tersebut tidak berkaitan langsung dengan materi pokok mentorship. Saya agar berbelok dari tujuan.
Akhirnya beliau pun menerima saya kembali untuk menjadi menteenya walau saya belum memberikan perkembangan yang besar menurut saya.

Sebagai mentor memang hanya bertugas mendampingi selagi mentee serius dan mau, memberikan motivasi jika perlu namun mentor pun tak dapat memaksa jika mentee tak melakukan apa yang disarankan mentor.

Keberhasilan mentorship ini bukan karena salah satu pihak saja tapi kedua belah pihak apakah tetap komitmen atau tidak. Dan beliau tetap komitmen untuk mendampingi sampai saat ini.

Terimakasih sudah sabar denganku
#terimakasihmentor







Kemajuan mentee

Terimakasih mbak Iqiq sudah bersedia belajar bersama di Eating Clean ini.

Semua tahap mentorship dilalui dengan baik, sudah menetapkan tujuan di awal, menetapkan action plan dengan sangat detail, kemudian dengan kendala-kendala yang dialami masih berusaha untuk mencapai tujuan, tidak beralih ke tujuan yang lain.

-Berusaha mengatasi kendala dengan tetap “on track”
-Telah konsisten dalam :
-membuat makanan dan cemilan sehat sendiri di rumah,
-tidak makan makanan kemasan,
-menjalani intermitten fasting namun jika terpaksa makan malam hanya makan buah atau makanan yang mudah dicerna,
-mengurangi olahan tepung dan makanan yang digoreng,
-makan makanan pokok berupa beras merah mix dengan beras putih,
-menggunakan minyak goreng kelapa,
-mindfull eating
-menghindari makanan GMO
-memelihara kebugaran tubuh dengan jalan pagi dan kardio menyesuaikan dengan kondisi karena sedang hamil muda. Bisa diganti dengan senam hamil yang ringan saja.
-Komitmen untuk selalu menjalani tahapan mentorship dengan baik, responsif dan berusaha lebih baik setiap harinya.

Ini tambahan aja yaa buat ibu hamil

Untuk asupan kalsium dan magnesium penting banget, selain mix nasi merah dengan nasi putih yang sudah dijalani sesekali makan nasi cokelat atau hitam juga. Tentunya plus sayuran hijau, apalagi sayurnya panen dari kebun sendiri. Dengan tetep diusahakan kena sinar matahari pagi.

Semoga terus bisa menjaga konsisten dan komitmennya, jangan pernah bosan, sabar, dan tetap memperhatikan alarm tubuh. Selamat menjalani kehamilan dengan sehat dan bahagia yaa mbaak..
#terimakasihmentee



Dan saya mendapat surat cinta dari mbak Iqiq



Warna Kupu-Kupu

Warna kupu-kupu saya adalah  hijau dengan sedikit warna hitam.

Hijau adalah warna kesukaan yang menggambarkan suasana segar, fresh, yang bisa membuat mata lelah menjadi sejuk kembali. Jika penat dengan segala hiruk pikuk masalah kehidupan coba main ke alam, disana alam mengajarkan banyak hal, tentang kejujuran, kekonsistenan, kepatuhannya pada hukum alam, mengajarkan konsekuensi atas sebuah hal. Warna hijau dari daun-daun memberi kita energi baru, menggantikan kesedihan, kegalauan dan apapun keresahan dalam hati.

Warna hitam berarti dalam hidup pasti pernah mengalami fase “jatuh” atau “gagal”. Yang penting adalah bagaimana caranya harus bangkit dan segera bisa kembali menata hidup.

Kupu-kupu hijau dengan sedikit hitam menggambarkan bahwa hidup adalah bagaimana kita bersyukur dan bersabar atas apa yang Allah hadirkan untuk kita lalui. Bisa sesuatu yang menyenangkan untuk kita atau sebaliknya dan yakinlah bahwa takdir Allah adalah yang terbaik.

Melihat kupu-kupu ini terbang seperti melihat diri sendiri yang sampai saat ini berusaha untuk selalu lebih baik dari hari kehari walau kadang masih merugi karena sama bahkan tidak lebih baik dari hari kemarin. Bismilah Insya Allah tetap semangat..

Melihat kupu-kupu ini terbang menjadi semangat untuk selalu konsisten memegang komitmen saling mengingatkan dalam kebaikan




#jurnalmingguketujuh
#bundacekatan1
#tahapkupu-kupu
#institutibuprofesional

No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...