Sunday, November 29, 2020

Contribution to Nation


Jurnal kali ini adalah contribution to Nation.

Hexagonia membuktikan kontribusinya dalam Hexagon City. Sekecil apapun perannya sangat berdampak untuk kota.

Selain mengevaluasi kontribusi pada hexagon city, kini saatnya pula menyelipkan sesi “huddle” buat para hexagonia dalam satu co housing dalam menjalankan project passionnya. Pentingnya huddle ini agar dapat mengatur ulang strategi, menyatukan kembali fokus kita pada goal yang akan dicapai, menyatukan semangat, bekerja sama dalam sebuah tim dan menghadapi setiap tantangan bersama. Karena dalam setiap perjalanan menuju sebuah tujuan perlu ketahanan dan kekuatan.

Evaluasi penting dilakukan untuk mengetahui bahwa setiap member sudah “On Track”, caranya saling berkumpul, saling bertukar link jurnal yang telah dikumpulkan, saling memberi masukan, saling follow media sosial untuk dapat mengenal lebih dekat. Dalam Co Housing kami dikoordinir langsung oleh Mbak Nelli sebagai CH Leader. Kami mengumpulkan link jurnal pada spreadsheet yang telah disediakan sehingga dengan mudah dapat terbaca oleh semua member CH.

Mulai dari memilih apa yang akan menjadi passion saat awal bunda produktif. Saat di kelas bunda produktif dipandu oleh bu Septi mau diapain ini passion yang telah dipilih. Kemudian performa apa yang ingin diraih dengan passion tersebut. Di bawah bimbingan ibu Septi dalam kelas bunda produktif ini. Passion diasah. Dengan cara para hexagonia berkelompok, kerja dalam tim, menyusun project passion, menetapkan tujuan, menghasilkan karya dari passion tersebut, Membentuk karakter dengan memilih satu karakter, melalui satu habit, dengan satu aktivitas. Semua dikerjakan dan dilatih satu persatu. Dan melalui project passion tersebut, diharapkan dapat berkontribusi pada kota yang dibangun bersama yaitu Hexagon City.

Saya yang menjalaninya, banyak tantangannya walaupun sebuah passion ternyata tak mudah ketika harus fokus di satu hal. Tergoda untuk mencoba berbagai hal, tapi kembali lagi diingatkan pada tujuan bersama. Meskipun sebuah passion, sebuah hal yang kita senangi, kita harus memperlakukannya dengan benar. Jika tidak maka passion tak akan jadi apapun, bahkan passion tak dapat membuat bahagia dan bersemangat. Padahal passion seharusnya membuat apa yang kita lakukan menjadi hidup dan bergairah. Tantangan lainnya adalah ketika membandingkan pencapaian diri dengan pencapaian orang lain, menjadi semacam hal yang membuat rendah diri. Tapi bagaimana kemudian kita cepat move on dari rasa itu, terintimidasi berganti menjadi terinspirasi. Tetap berusaha sebaik mungkin sebagai individu, sebagai tim co housing dan sebagai warga Hexagon City.


Huddle yang disarankan oleh Bu Septi adalah untuk menyusun strategi kembali dan menanyakan pada diri sendiri dan Tim.
Apa yang sudah sukses?
Ingin sukses apa lagi?
Apa yang perlu diperbaiki?
Mengapa bisa sukses?
Mengapa bisa tidak sukses?
Bagaimana agar percaya diri menghasilkan karya bersama-sama?
Bagaimana mencapai kesuksesan tersebut?
Diharapkan dapat saling berbagi bagaimana mencapai kesuksesan tim yang telah diraih

Dengan melakukan huddle maka semangat akan terjaga. Tantangan dan perasaan terbuka sekali untuk dapat diungkapkan kepada sesama teman ataupun kepada Leader. Agar diperoleh solusi untuk mengatasinya. Dengan huddle kita terbuka menerima kritik dan saran dengan tujuan yang baik, yaitu memperbaiki performa menjadi lebih berkualitas.

Tantangan terbesar adalah bagaimana bisa bekerja bersama dalam tim, tidak menonjolkan ego pribadi sehingga menghambat kerja tim lainnya. Yang diperlukan adalah bagaimana kontribusi masing-masing dari hexagonia. Kontribusi adalah kehadiran hati, pikiran dan action kita pada apapun yang terjadi di Hexagon City. Tunjukkan kontribusi kita pada Hexagon City ini sekecil apapun, boleh dibuktikan dengan turut andil dalam setiap even, turut mensukseskan program-program di kota yang telah sudah dibuat dengan bahagia oleh City Leader dan Tim Formula.

Saatnya sekarang buktikan kontribusi kita pada hexagon city. Semoga selalu bersemangat dan tetap berkontribusi apapun bentuknya.










#HexagonCity
#Hexagonia
#ContributiontoNation
#KuliahBundaProduktif
#InstitutIbuProfesional

No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...