Saturday, January 28, 2017

Bermusyawarah dengan anak..penting lhoo..

Bermusyawarah dengan anak itu penting..

Seperti pada saat saya mendapat ilmu "Bagaimana agar anak sholat 5 waktu dengan kesadaran" saya mendapat ilmunya dari Abah Ihsan pada saat ikut kajian matapena (majelis tsaqofah pendidikan anak), saya tidak langsung serta merta melaksanakan tanpa bermusyawarah dulu dengan anak-anak. Anak-anak diberikan kesempatan terlebih dahulu untuk mengetahui dan memberikan pendapatnya mengenai  apa yang akan diterapkan. Jika anak-anak dilibatkan maka mereka akan merasa dihargai dan mereka bisa mematuhi apa yang telah menjadi kesepakatan.

Jika anda berkesempatan untuk mengikuti matapena, jangan lewatkan kesempatan untuk mendengar langsung dari Abah Ihsan.

Beda rasanya mendengar langsung dengan membaca resume..resume ini paling hanya 40% nya saja. Karena singkat sekali dan kurang hidup..tapi sebagai gambaran saja, bisa dilihat disini.
Setelah mengetahui bagaimana mengajarkan disiplin sholat pada anak-anak. Saya pengen bangen banget mengaplikasikan, tapi sekaligus ragu apakah saya mampu dan anak-anak mendukung?

Akhirnya saya melakukan musyawarah dengan anak-anak. Sebelumnya sudah saya ceritakan tentang resumenya.
Ketika saya tanya
"Gimana anak-anak bisakah kita mulai sama-sama pembiasaan sholatnya?"
Mereka menjawab
"Bisa, Bun"
"Alhamdulillaah" saya didukung anak-anak.
"Lalu konsekuensinyaa apa ya seandainya tidak dilakukan?"
Masih juga mereka menjawab "terserah bunda".

Saya tawarkan beberapa konsekuensi akhirnya setuju dengan konsekuensi time out 1 jam di luar rumah seperti yang dicontohkan Abah Ihsan.

Akhirnyaa legaa saya sudah menyampaikan ini, dan anak-anak menyambut baik.

Tantangannya adalah saya juga harus aktif untuk memberikan teladan buat mereka.
















No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...