Sunday, February 18, 2018

Motivasi dan Visualisasi


Motivasi dalam berbenah


Ingin rumah rapi, bersih, nyaman yang sesungguhnya dengan manajemen yang baik, bukan seolah-olah bersih tapi di dalamnya berantakan. Misal dimasukkan ke dalam lemari, dari luar terlihat rapi, setelah dibuka ternyata berantakan.


Melatih anak-anak agar memiliki keterampilan dalam mengatur rumah


Membuat aliran energi yang baik di rumah, pertukaran udara yang lancar dan ada space untuk anak bermain di dalam rumah.


🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿


Imaginasi dan visualisasi rumah


Saya ingin ruang keluarga yang nyaman untuk berkumpul bersama, bercerita, beraktivitas bersama. Atau yang nyaman buat ngobrol berdua, menonton film bareng pasangan. Lighting yang cozy dan romantis





Saya ingin dapur yang simpel, berada di tengah-tengah anggota keluarga yang berkumpul, bukan di belakang sehingga tidak merasa terisolir. 





Di dekat dapur ada meja makan untuk semua anggota keluarga, dilengkapi kursi yang nyaman untuk makan. Meja makan harus selalu bersih dari barang-barang agar semangat untuk selalu makan di meja makan bersama-sama. 


Saya ingin rumah yang tidak banyak barang

Semua perlengkapan tersimpan rapi di lemari

Mudah mencari sesuatu jika diperlukan

Semua anggota keluarga tahu dimana tempat barang yang dicari, bukan cuman bunda saja yang tahu. Sehingga jika ingin mencari sesuatu tidak perlu mencari bunda untuk menemukannya.


Di dalam kamar, saya ingin ada sebuah meja untuk menulis. Kursi putar yang artistik. Ada laptop dan printer. Disebelahnya ada beberapa alat kosmetik untuk merias wajah. Ada papan “to do list” yang update setiap hari. Papan ini penting buat karena saya kadang lupa harus melakukan apa setiap harinya saking banyaknya yang harus dikerjakan. 





Kamar anak-anak. Saya ingin sekali mereka punya kamar masing-masing dengan style mereka sendiri-sendiri, namun dengan memanfaatkan yang ada masih bisa disiasati agar mereka tidur dengan bed masing-masing meskipun masih dalam satu kamar yang sama. Masih memungkinkan mereka tidur dalam satu kamar karena ketiga anak saya adalah perempuan. Tidak ada televisi di kamar mereka.





Di ruang tamu, saya ingin rapi selalu, jika setelah bepergian yang dilihat pertama kali adalah ruang tamu. Kalau rapi dapat meningkatkan rasa bahagia sebaliknya kalau berantakan, badan yang letih selepas bepergian  bertambah letihnya.





Di rumah ada pojok untuk untuk suami kerja. Kerjaan kantor seringkali dibawa pulang dan dilanjutkan di rumah. 


Di kamar mandi dibuat sebersih mungkin dan wangi, tidak banyak barang hanya sebatas yang diperlukan saja, dihiasi dengan bunga-bunga agar indah. Tidak terlihat lumut atau kotoran yang menempel di sela-sela keramik lantai. 




Di ruang baca, buku-buku tersusun rapi, jika mengambil harus dikembalikan lagi, jika ada yang meminjam wajib dikembalikan lagi. Tidak terdapat buku-buku yang sudah tidak pernah disentuh atau tidak diperlukan lagi. Mudah mencari buku yang diperlukan.


Di mushola, alat sholat tersusun rapi, setelah dipakai wajib dilipat dan dikembalikan. Ruangan wangi dan segar.


Di teras atau sekitar rumah banyak tanaman yang hijau, rumput gajah mini tumbuh subur, rapi dan teratur. Tanaman sehat dan berbunga. Pagar hidup berupa bambu cina berwarna hijau dan rapi. 


Ruang laundry atau cucian bisa ditata lagi lebih cantik, di tambah lemari untuk tempat sabun dan perlengkapan lainnya. Dan akan ada tambahan mesin cuci otomatis satu tabung untuk mempercepat pekerjaan cuci-mencuci baju.





Ruang setrika. Jemuran yang belum kering karena cuaca mendung ditempatkan di ruang ini sehingga tidak mengganggu ruang lain. Pekerjaan menyetrika dilakukan disini. Jemuran yang telah kering akan ditumpuk lembar demi lembar di meja setrika. Tumpukan ini akan disetrika saat “jam setrika” ga cuman gadget yang punya “gadged hour” lho...hehehe


Ruang meeting keluarga. Ingin sekali suatu saat punya ruang meeting keluarga dengan meja bundar atau oval, bisa lesehan atau kursi, ada papan tulis lebar spidol warna-warni, ada proyektor dan layarnya untuk keperluan presentasi. Tak lupa bunga-bungaan untuk mempercantik.



Target penyelesaian berbenah ini adalah selama 3 bulan.


#ShokyuuClass 

#Task1 

#Konmariindonesia 

#Konmarimethod 

#IntensiveClass. 




No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...