Wednesday, February 7, 2018

Review diskusi tentang Stuktur Organisasi dan ide lainnya

Review diskusi kelompok Mentari Nusantara

Dalam Matrikulasi Tambahan ini, kelompok disusun secara acak terdiri dari 15 orang berasal dari berbagai kota.

Dalam diskusi menghasilkan beberapa kesepakatan yaitu sebuah struktur organisasi yang ideal sesuai potensi sumber daya alam dan sumber daya manusianya. Dan juga dibahas mengenai tugas pokok dan fungsi masing-masing beserta program kerjanya.

Banyak ide-ide bermunculan dari masing-masing kota. Di salah satu kota struktur organisasi sudah sangat lengkap dengan kegiatan yang beragam, dapat memberi masukan kepada pengurus kota yang lain. 

Tantangan yang dihadapi pada masing-masing kota dapat dipecahkan dengan saling bertukar ide dan pendapat.
Semisal
1. Bagaimana mengatasi silent reader para pengurus kota/member?
- Adalah dengan sosialisasi Code of Conduct (COC). Diharapkan member menjadi aktif atau memutuskan untuk keluar dari grup.
- Bisa juga dengan cara diberikan tantangan untuk share buku yang telah dibaca, dan untuk member yang kurang aktif yang terpilih.
2. Jika diadakan kopdar yang hadir hanya sedikit hanya sekitar 30 persen dari seluruh member, dikarenakan kendala jarak dan kesibukan. Solusinya pemilihan waktu dan tempat yang mudah dijangkau member.
3. Kesulitan mencari pengganti PJ Rumah Belajar. Sebenarnya Rumah Belajar terbentuk karena ada orang-orang yang berminat dan merupakan passionnya minimal sebanyak 5 orang. Jika belum 5 orang maka Rumah Belajar belum dapat terbentuk. Bukan membentuk wadah rumbelnya terlebih dahulu baru kemudian mencari orang-orang/personilnya. Dan kesulitan mencari Penanggung jawab Rumah Belajar tidak menjadi masalah seandainya betul cara awal pembentukannya.
4. Jika sering mengadakan event hanya divisi yang terkait yang terlibat sehingga tidak merata tanggung jawabnya. Solusinya: jika sering atau mengadakan event tertentu, untuk pemerataan tanggung jawab di buat Open Recruitmen untuk menjadi panitia, dan semua harus terlibat sebagai bagian dari prinsip berbagi dan melayani.
5. Ada pengurus kota yang bercerita tentang terbentuknya Divisi Kids Corner dibawah Manager Offline. Pada saat diadakan event besar, Divisi Kids Corner bekerja sama dengan Rumbel Playdate untuk mengisi kegiatan di kids corner untuk kids dan juga teens. Namun yang telah banyak dilakukan saat ini adalah Kids Corner diadakan dengan menjalin kerjasama dengan pihak ketiga, dan orang tua yang menitipkan anak membayar dengan jumlah tertentu.

Demikian diskusi kelompok Mentari Nusantara, hasil diskusi ini menjadi bekal untuk berorganisasi di kota tempat tinggal kami. Semoga dapat menjalankan organisasi ini dengan prinsip saling berbagi dan melayani.




No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...