Monday, February 27, 2017

Catatan kemandirian

Perjalanan selama 4 hari keluar kota sendiri lumayan campur aduk rasanya..

Bentar-bentar ditelponin..sekarang kan udah ada facetime tuh atau wa call, anak-anak seneng ketika telp bisa kelihatan wajah kita.. sedikit banyaknya kangen terobati...

Buat bunda jangan keseringan baper ninggalin anak-anak tapi jangan terlalu cuek juga ninggalin anak tanpa persiapan. Memang perlu dilatih kemandiriannya kalo tiba-tiba orang tua perlu untuk pergi keluar kota. Sebelum pergi terlintas untuk bikin pembagian tugas selama bunda pergi, kaya gini..

Mencuci baju sabtu pagi --> nisa
Mencuci piring setiap habis makan --> tiara
Menyapu/beres2 setiap berantakan --> mitha
Angkat jemuran tiap sore --> tiara
Menyusun di meja setrika --> nisa

Hari Sabtu dapet kabar dari ayah klo si mitha tiba-tiba pagi-pagi nyapu kamar dan ruang tamu. Nisa minta ijin nyucinya hari Minggu aja karena hari Sabtunya sibuk bermain.

Sekarang lagi perjalanan pulang ke rumah, sekitar 3jam lagi nyampe, penasaran gimana hasilnya rumah tanpa saya selama 4 hari.

Sebelumnya pernah juga saya tinggalin begitu. Biasaa cucian menggunung, ruang setrika penuh dan jemuran dari hari terakhir saya tinggal masih tergantung cantik di jemuran..

Untuk makanan juga walaupun udah dimasakin dan tinggal manasin aja, tetep ga disentuh kayanya.
Yang jelas si ayah tetep beli makan di luar walaupun udah ditinggalin lauk mateng di kulkas..

Setelah sampai rumah saya cek alhamdulilah, cucian kemaren sudah di susun di meja setrikaan, selama ditinggal 4 hari, Nisa mencuci baju 1 kali, tiara menjalankan tugasnya mencuci piring dan mitha menyapu.

Tugas-tugas rumah ini akan berlanjut lagi, untuk Nisa mencuci baju saat weekend, Tiara mencuci piring setelah selesai makan dan mitha menyapu kamar. Walaupun belum dengan kesadaran sendiri, tugas-tugas ini akan terus dilatih.

 


No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...