Saturday, February 11, 2017

Dokter gigi, please be kind...

Dokter gigi langganan kebetulan sedang ke Jakarta waktu itu, ngikut saran temen ada dokter gigi di sebuah kota. Untuk menghemat waktu dan tenaga, karena deket okelah ga ada salahnya dicoba. Antri cuman 2 orang tapi lama juga. Ruang tunggu cukuplah, ada toilet juga, tampak pegawainya asyik nonton tivi. Tibalah giliran kami, kebetulan anak-anak dan si ayah yang giginya memerlukan perhatian si dokter. Anak saya yang pertama maju..

Oiya dokternya perempuan.

Saya bilang
"Dokter, gigi anak saya tolong diperiksa aja, karena ga ada keluhan"
Wahh langsung keluar komentar-komentarnya

"Wah, giginya berantakan yaa tuh penuh mulutnya, giginya gede-gede dan tempatnya kurang. Apalagi yang nyempil ini akan susah disikat, harus pake kawat gigi ini ga ada cara lain."
Anakku langsung berubah mukanya..
Saya yang denger bete juga
"Klo pake dental floss gimana? Untuk gigi seri yang ketumpuk?"

Jawabnya
"Ga akan ngebantu, lama-lama juga akan bolong dan rusak"
Trus nyambung lagi
"Ini ada kelebihan gigi, harus dibuang salah satu, yang atas diambil, yang bawah dicabut"

Maksudnya diambil itu ditinggal, ga dicabut.
Tapi dokternya ngomong dicabut
Begitulah...

Akhirnya ketemu permasalahan di gigi geraham Nisa, agak sedikit kotor karena memang ada struktur gigi gerahamnya yang agak ada lancipnya.

Jadi ngebandingin sama dokter gigi kami.
Orangnya cool aja, tapi klo ditanyain enak jawabnya. Ga banyak ngomentarin kekurangan gigi, kecuali saya tanyain. Pernah sih bilang gigi anak saya berantakan tapi kenapa saya ga bete?

Karena mungkin sudah kenal lama dengan dokternya dan selama ini kerjaan dokternya memuaskan. Walau harus ngantree berjam-jam dan harus perjalanan selama 5 jam. Perjuangan deeh

Waktu baru awal-awal tumbuh gigi, dokternya komentar tentang gigi anak saya, bilang gini
"Giginya seperti ibunya ini, berantakan"

Saya bilang,
"Kayanya seperti ayahnya deh, dok hehehe"

Sebelumnya dia pernah ngomong
"Wah saya salut sama anak-anak ibu, semua berani"

Dan anak-anak ga mau dokter selain dia. Inilah salah satu alasan kenapa sering keluar kota.

Kembali ke dokter gigi yang bukan langganan tadi..

Tibalah giliran anak saya yang kedua.. karena dia masih parno, anak saya yang ketiga maju..
"Ini kenapa? "
"Ada yang bolong, dok.."
Ini normal aja

Untung aja anakku yang ketiga ini si mitha 5 tahun, kooperatif, mungkin dia takut karena suara dokternya kenceng banget hehhee

Tibalah giliran anakku yang kedua, tiara 9 tahun, giginya ada 2 yang goyang. Tiara ini udah wanti-wanti ke saya dari awal ga mau dicabut karena takut.

Sambil periksa-periksa gigi, dokternya bilang
"Kakaknya lebih bersih giginya daripada adeknya"

Haduh dok.. jangan kedengeran anak saya donk ngomongnyaa, saya aja dirumah ga pernah banding-bandingin

Dilanjut lagi,
"Ini ada 2 yang udah goyang (dia nyebutin posisi giginya dan saya ga ngerti kalo ga diperlihatkan posisinya), dan harus dicabut"

Langsung anak saya stress, tadinya dari rumah dia udah bertekad ga mau dicabut, malah disuruh nyabut.
"Ga sakit kok, ini nanti di semprot obat, terasa dingin langsung dokter cabut, ga usah disuntik"
Berulang-ulang dokternya ngomong gitu
Sampe ditawarin kalung gigi, klo mau dicabut giginya.
Anak saya diem lamaa di kursi pasien
"Ayo Kak, gapapa, biar gigi barunya bisa tumbuh bagus, terus biar gigi barunya ada tempat buat tumbuh, klo masih ada gigi susunya nanti tumbuhnya terganggu dan bisa miring-miring" saya bujukin
Anak saya emang perlu waktu buat mutusin sesuatu, diem dulu mikir dan pake nangis juga.
Dan ini bikin dokternya bete
Trus pecahlah kemarahan si dokter
"Sudah deh jangan dipaksa, kalo ga mau gapapa, dokter masih banyak pasien yang ngantri, dokter juga belum makan, belum istirahat, kasian kan dokternya, lama cuman nungguin kamu, udah.."
Sambil punggung tangan dokternya mendorong bahu tiara, pelan siih...pengen tiara cepet-cepet turun dari kursi pasien.

Pengen bilang sih
"Dok, saya kesini bayar lhoo dan ga gratis"

Ya udah saya ajak ngomong lagi Tiara, siapa tau masih bisa dinego.
Sambil saya ajak ngomong lagi, tentang perlunya cabut gigi, dan bilang nanti dapet kalung.

Dokternya ga sabar ngeliat saya ngajak ngomong tiara, sambil cek-cek gigi si ayah, dokternya bilang
"Udah bu ga usah dipaksa kalo ga mau"
Saya bilang
"Tiara blm kasih keputusan iya atau enggaknya dok, jadi masih saya tanyain"
Akhirnya setelah beberapa menit ngobrol, tiara mau karena iming-iming kalung bentuk gigi itu, yang nantinya gigi yang udah dicabut ditaroh di kalung gigi itu.
Berhasillah ngebujuk kali ini.. berasa "tecabut kesusuban" basa banjarnya tuh
Maksudnya duri dalam daging udah kecabut.
Akhirnya kerjaan dokternya bisa selesai..
Waktu penyelesaian pembayaran, ditanyain dulu
"Bapak pake asuransi?"
"Iya"

Waah nanya begitu kemungkinan bakalan dimahalin, karena adanya penggantian dari asuransi.
Bener.. jutaan laah
Lumayan mahal dibanding dokter langganan yang udah punya nama. Hmmm gitu yaa ternyata.

Yuuk pulaang..

Akhirnyaa nanyain anak saya Tiara, berharap dia ga mau lagi kembali ke dokter itu, karena masih disuruh cabut gigi yang lainnya.
"Tiara minggu depan mau cabut gigi ke situ lagi ga?"
"Mauuu.."
"Kenapa?" (Saya mau tau alasannya)
"Saya mau kalung gigi lagi"

Dan anak saya mengabaikan perlakuan dokter itu demi kalung gigi. Baiklah anakku ternyata kamu fokus pada tujuan kamu dan menganggap ga penting sesuatu yang bisa menghalangi kamu...

Tapi buat para dokter gigi, please be kind dengan pasienmu, dokter tidak berhubungan dengan benda mati, tapi orang yang punya perasaan dan tipe yang berbeda-beda. Apalagi dengan anak kecil, milikilah keterampilan berkomunikasi yang baik dan efektif. Sadari bahwa pasienmu adalah customer yang sudah datang dan mempercayakan permasalahan kesehatannya kepada orang yang dianggap ahli, jangan kecewakan dengan pelayananmu yang kurang baik.Pasien yang dikecewakan jarang akan datang kembali kepadamu, artinya sikap atau berkata-kata semaunya menutup jalan rejekimu sendiri.

Kami pasien sering harus maklum dengan sikap doker yang begitu..
Mungkin engkau baru sadar kalau tak ada lagi pasien yang datang padamu.

1 comment:

  1. HAHAHA...
    bener tuh jadi kasian sama tiaranya..
    dokter..please be kind to your customer..

    ReplyDelete

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...