Friday, February 3, 2017

Perbincangan sore

Menghadapi anak hampir usia baligh seru juga..banyak pertanyaan di benaknya, ada masa-masa seperti menunggu giliran, kapan yaa aku haidh? Ada rasa takut, cemas, penasaran, gimana ya rasanya haid? Sakit ga ya? Kenapa bisa terjadi haid?


Itulah perbincangan sore hari dengan anakku umur 11 tahunan.

Saya sebisa mungkin menjelaskan secara ilmiah proses terjadinya haid,
apa yang harus dipersiapkan,
bagaimana tatacara bersuci setelah haid,
apa konsekuensi haid,
apa konsekuensi setelah akil baligh,
bagaimana hubungan antara haid dan kedewasaan,
apa maksud siklus haid,
dan lain-lain.

- Mengapresiasi pertanyaan anak misalnya dengan kalimat "Pertanyaan bagus"

- Cek pemahaman dengan kembali menanyakan kepadanya,

"Menurut kamu jawabannya apa?"

Jika saya tau langsung jawab, jika belum, "Ayo kita cari sama-sama, pasti ada di buku atau di internet"

- Kunci dengan norma agama

"Jadi kalau sudah haid, artinya adalah kamu sudah memasuki masa akil baligh, amal sudah mulai dicatat, usahakan hanya amal baik saja yang diperbanyak."

Berkaitan dengan haid ini yang wajib ditumbuhkan kepada anak kita adalah pentingnya kontrol diri pada anak, bukan pada orang tua, salah satunya dengan menunjukkan kepada anak bahwa di Al Quran ada yang mengatur tentang bagaimana menjaga kemaluan dan menjaga pandangan terhadap lawan jenis. Menumbuhkan kontrol diri ini masih menjadi PR saya sebagai orang tua.

Allah SWT berfirman: 
Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat." (Qs. An- Nuur (24): 30)
 

Kemudian Allah Subhaanahu wa Ta'ala berfirman lagi, "Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya….” (Qs. An- Nuur (24): 31)
 

Semoga Allah memberikan kemampuan untuk memahamkan kepada anak-anak tentang semua perintah Allah..










No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...