Tuesday, August 29, 2017

Significance

Significance

Setiap anak memiliki sifat unik ini meskipun kadarnya berbeda.

Anak-anak senang sekali dipuji, jika sedang bercerita ingin sekali didengarkan dan jika menurutnya berprestasi ingin sekali di akui. Rata-rata mereka haus perhatian dan pengakuan. Apa yang mereka butuhkan sejak kecil jika kita orang tuanya mampu memenuhinya di masa kecil dimasa dewasanya dia tidak akan mencari pengakuan, perhatian di luar sana. Melainkan self esteemnya sendiri telah terbentuk. Dia mampu menghargai dirinya sendiri, mampu menilai dirinya dan mampu memaksimalkan kekuatan diri yang dipunyainya.

Orang dewasa yang sekarang sudah menjadi orang tua, perlu flashback masa kecilnya. 

Dulu sering dibilang jelek
Dulu sering tidak didengarkan
Dulu sering dicela secara fisik
Dulu sering dibilang bodoh
Dulu sering dipukul dan diancam dibawah tekanan

Akibatnya apaa?

Ah...ga perlu ngomong, toh siapa yang mau dengarkan aku?
Ah...aku kan ga cantik siapa yang mau sama aku?
Ah...aku kan ga pinter, kenapa harus bermimpi untuk jadi sesuatu?
Ah...aku sering dipukul berarti aku anak nakal..


Itulaaah hal di masa kecil yang bisa membuat hancur ketika sudah dewasa. Alhamdulilah jika tidak sampai lari ke sex bebas atau obat terlarang.

Dan recovery di masa dewasa perlu effort dan keinginan yang kuat untuk berubah.

Project lagi buat saya orang tua untuk selalu aware dengan kemauan dan kemampuan anak. 

Selalu memuji di saat yang tepat, tidak berlebihan. Mendengarkan dengan fokus dan memberikan perhatian yang wajar.
Sumber: talents mapping abah rama

No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...