Thursday, November 9, 2017

Jasuke untuk mengisi waktu luang



"Mitha, besok kita mau ngapain?"

Pertanyaan ini biasanya saya lontarkan ke anak saya yang sekolah di rumah, untuk merangsang berpikirnya. Biasanya dia akan bilang membaca cerita atau dibacain cerita, main sama temen, beberapa temen disebutnya ada lala, ismail, sofia, bilal, bintang, arsya. Terus bikin brownies, bikin kue yang pake mixer, belajar online lewat reading eggs dan belajar berhitung lewat ixl math. Tapi belajar online ini yang paling jarang dilakukannya walaupun emaknya ini harus membayar untuk berlangganan selama setahun. 

Selain itu mau bikin apa lagi?

"Hmmmm...
Rasanya pengen bikin jasuke, Bun"

"Ayuuk" kata saya bersemangat

Besok kita beli bahannya bareng-bareng yaa

"Iyaa buun"

Jasuke tau kan ya?
Jagung, Susu, Keju

Keesokan harinya saya lupa heheheh dan saya tidak bermaksud ke pasar pagi itu, tapi dia mengingatkan.

"Bun, kita kan mau ke pasar hari ini"
"Beli apa, dek? Kemaren kan udah belanja untuk masak"
"Kita kan mau bikin jasuke bun?

"Oiyaa.." kata saya sambil jemur-jemur baju menyelesaikan kerjaan rumah.

"Okedeh kita belanja bahan setelah ini"

Walaupun proses pembuatan jasuke tetap harus saya bantu, dia seneng banget, dia semangat memipil rebusan jagung, memarut keju, menuangkan susu ke jagung. Setelah tercampur rata dia ga sabar segera mencicipinya.

"Enak, Buun"

Dan habis lebih dari 5 cup kecil..

Alhamdulilah..
Disini dia belajar untuk menghasilkan satu macam makanan saja, banyak usaha yang dilakukan, mulai dari mengumpulkan ide, kegiatan apa saja yang diinginkan, mencari bahan dan memprosesnya menjadi produk yang bisa dinikmati. Kreativitas anak ini yang penting difasilitasi sesuai usianya.




No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...