Saturday, November 11, 2017

Think Creative



"Bun, boleh ga kalau ini saya mainkan?"
"Bun, hari ini mandinya keramas ga?"
"Bun, boleh pake baju ini ga?"

Think creative dimulai dari orang tua memang, sejauh ini ada hal yang kalau saya perhatikan dia selalu bertanya.

Dalam buku Bunda Sayang waktu saya baca saya merasa kesentil hehehe

Saya kutip 2 paragraf di bawah ini ya..

Apakah untuk melakukan segala sesuatunya anak selalu merasa takut dimarahi dan selalu harus bertanya "boleh tidak? kepada orang tuanya, bila ya, maka sebaiknya orangtua introspeksi diri, ini berarti sebagai orangtua kita lebih sering berkata "tidak boleh" dibanding "boleh". Kalimat "tidak boleh" yang terlalu sering diucapkan dapat memangkas kreativitas anak.

Sebagai orang tua sebaiknya kita menerapkan prinsip "semua boleh, kecuali yang tidak boleh". Dengan demikian anak dapat mengembangkan kreativitasnya. Apa sajakah hal yang tidak boleh tersebut? Terutama hal-hal yang berkaitan dengan akidah, iman dan adab.

Itulah yang terjadi, tanpa disadari saya terlalu sering melarang dan mengatur. Kejadian yang tanpa disadari ini makin lama makin kelihatan dampaknya. Maka solusinya : pertama, maafkan anak kita yang sering bertanya, sebab kita juga yang sering melarang, kedua, minta ampun kepada Allah atau bertobat, karena kita telah salah mendidik, dan ketiga, bermusyawarah dengan anak, artinya buat kesepakatan baru dengan cara mengobrol bareng anak.

Yuuk, Nak kita perbaiki sama-sama.



No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...