Friday, November 24, 2017

Menjaga kreativitas agar terus tumbuh

Sesuai fitrahnya anak adalah makhluk kreatif, tanpa diperintah dia akan mengeksplorasi apa yang dia temui.   

Kembali lagi peran orang tua yang membuat fitrahnya tumbuh atau berangsur-angsur menurun dan akhirnya menjadi tidak kreatif dan pudar fitrahnya.

Orang tua hanya perlu memastikan proses menumbuhkan fitrahnya tidak melanggar adab-adab dan tidak membahayakan bagi dirinya.

Proses aware terhadap kreatifitas anak harus dilatih, respon terhadap perilaku atau hasil karya anak harus lebih positif dan diharapkan dapat merangsang anak untuk membuat karya-karya baru lagi yang lebih baik.

Melatih proses aware orang tua tentu dimulai dengan diri sendiri, menghargai dan bersyukur dengan apa yang diberikan Allah, dengan memanfaatkannya. Menggali potensi diri, mengenali aktivitas apa saja yang "gue banget" dan bahagia ketika menjalaninya. Proses ini kita lakukan bersama dengan anak, bagaimana kita ingin diperlakukan, begitulah anak kita ingin diperlakukan. Kita tidak ingin dipaksa melakukan sesuatu yang tidak kita sukai. Demikian juga anak. Hal sederhana ini yang masih harus terus dipelihara. 

Tetapi untuk masalah ibadah, seorang pakar berkesimpulan bahwa :
Tidak ada orang yang suka sholat, ngaji, puasa dll, tetapi sebab cintanya kepada Allah, orang akan melakukan semua itu dengan ikhlas. Jadi yang perlu dikejar adalah menumbuhkan cinta kepada Allah. 

No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...