Tuesday, January 9, 2018

Belajar Mereview 4

Bismilah

Hari ini giliran kelompok 5 yang anggotanya mbak Afarul Ulifa dan mbak Herlina. 

Presentasi disajikan dalam bentuk infografis yang menarik dan melihat isinya selain mengulas fitrah seksualitas juga tentang pendidikan seksual pada anak. Secara keseluruhan menjawab “Pentingkah membangkitkan fitrah seksualitas anak?”

Kalau dicermati pada beberapa bagian pada “solusi” menurut hemat saya, masih terlalu panjang yang sebenarnya bisa lebih dipersingkat atau diberikan sub judul di atasnya kemudian penjelasan singkatnya. 

Atau solusi tersebut masih bisa dikelompokkan sesuai kategori agar tidak terlalu banyak poin. Cukup 3 sampai 5 poin paling banyak. 

Misal: 

Solusinya dengan mengoptimalkan pendidikan seksual kepada anak-anak dengan cara memisahkan kamar tidur, menjaga tontonan anak, mengajarkan anak meminta ijin masuk ke kamar orang tua, menjaga pergaulan, mengajarkan mandi wajib, menjaga aurat.

Jadi beberapa poin solusi yang disajikan sebenarnya masuk dalam satu kategori yaitu “mengoptimalkan pendidikan seksual kepada anak-anak”.


Ada satu penjelasan pada poin solusi yang perlu dikaji ulang yaitu poin ketiga 

“Mengajarkan pada anak tata krama dalam pergaulan dan pertemanan sejak usia dini. Anak laki-laki sebaiknya berteman dengan laki-laki, anak perempuan berteman dengan anak perempuan..dst” 

Menurut ustadz Adriano Rusfi
Anak tidak boleh mengalami segregasi yang terlalu dini artinya memisahkan laki-laki dan perempuan sejak usia TK. Mereka harus diinteraksikan agar tahu perbedaan laki-laki dan perempuan, tahu bagaimana jika bermain dengan lawan jenis. Tahu perbedaan bentuk tubuh, suara dan lain-lain. Batasnya adalah umur 10 tahun atau setara kelas 4 SD. 

Dan saya setuju dengan pendapat ustadz tersebut. 

Demikian review saya kali ini, sekali lagi saya masih harus banyak belajar untuk mereview sebuah materi. Semoga dengan banyak latihan, review semakin baik dan tepat sasaran. Abaikan saja yaaa. Terimakasih telah bersedia membaca.











No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...