Thursday, January 25, 2018

Learning By Teaching

Aliran rasa Learning By Teaching

Belajar dengan mengajarkan. Seringkali banyak orang termasuk saya menunggu ahli dulu baru mengajarkan, padahal Rasul mengajarkan ke kita bahwa sampaikanlah walau hanya satu ayat. Artinya kita tidak harus untuk  punya 100 ayat untuk bisa mengajarkan. Cukup apa yang kita ketahui dan yakini selama berasal dari sumber yang benar, maka sampaikanlaah.

Bagaimana menyampaikannya agar orang lain mengerti tentang ide yang ada di kepala kita?


Pertama yang pasti kita harus yakin akan sebuah ide yang akan kita utarakan, diperkuat dengan pengalaman, baik pengalaman yang dialami sendiri atau dialami oleh orang lain. 

Kedua penyampaian yang menarik, jika melalui media online bisa dalam bentuk infografis, atau tulisan yang berwarna warni, foto ataupun video.
Kata-kata yang lugas dan tidak menimbulkan berbagai macam persepsi.

Ketiga dalam penyampaiannya tidak bernada provokatif, menjelekkan orang lain demi terlihat menjadi baik. 

Keempat,  dalam berfikir fokus pada solusi
Kemudian berusaha dan berjuang untuk mengamalkan “ayat” atau ilmu yang telah diyakini dan disampaikan. Agar ilmu tidak menjadi sia-sia. 

Dan yang terakhir menuliskannya sehingga penyebaran ilmunya lebih luas lagi.

Learning by teaching membuat otak kita senantiasa dilatih berfikir, menganalisis dan tentunya diiringi dengan action. Berharap dengan memberikan aktivitas pada otak, maka otak kita selalu fresh dan lincah untuk mendapatkan solusi terbaik. Aamiin.

No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...