Sunday, April 23, 2017

Mengamati gaya belajar

Selama ini data mengenai gaya belajar anak bisa jadi sudah sering saya lihat dari tiap-tiap anak, masalahnya mungkin saya sebagai ibu tidak "ngeh" dengan tanda-tanda itu, sekarang waktunya untuk menuliskan apa saja yang telah saya amati selama ini dan mengelompokkannya sesuai dengan kriteria gaya belajar apa yang dominan. Dimulai dengan anak pertama, Diannisa Naila Hanin umur 12 tahun, saat ini masih bersekolah di Sekolah Dasar kelas 5. 

Pada Aktivitas Belajar di sekolah

Ciri-ciri visual yang tampak:

- Secara umum tidak bermasalah dalam hal cara belajar mengajar di sekolah. Bisa mengikuti dengan baik, konsentrasi baik dan memperhatikan guru dengan baik. 

- Suka dengan guru yang lebih bisa membawakan diri di kelas, seperti bercerita dengan lebih hidup daripada bercerita tanpa ekspresi.

- Suka belajar dengan alat peraga, gambar-gambar, diagram yang berwarna-warni, dia bilang jadi tidak ngantuk. 

- Bisa bertahan menyesuaikan diri untuk duduk dan berkonsentrasi lebih lama. 

Ciri-ciri Auditory yang tampak: 

- Dapat menghafal dengan diberikan contoh pengucapan tanpa melihat tulisan terlebih dahulu. Contoh menghafal doa, surah, menghafal pelajaran.

Ciri-ciri Kinestetik yang tampak: 

- Diannisa akan praktek mengerjakan aktivitas tertentu setelah paham dan mengerti terlebih dahulu maksud aktivitas tersebut, setelah melihat contoh, tidak langsung ke tahap prakteknya.

- Terkadang di sekolah tidak bisa menahan untuk tidak mengobrol dengan teman di dekatnya, dan menjadi catatan guru di sekolahnya.

Aktivitas di rumah:

Ciri-ciri visual yang tampak:

- Lebih suka membaca sendiri daripda dibacakan, bisa bertahan dalam membaca sebuah novel tebal yang selesai dalam beberapa hari saja.

Ciri-ciri auditory yang tampak

- Setelah membaca sebuah buku suka untuk bercerita kembali dan berdiskusi dengan teman/adik/bunda untuk membicarakan isi cerita dalam novel tersebut.

Ciri-ciri kinestetik yang tampak:

- Dalam bercerita tidak terlalu banyak aktivitas fisik yang banyak, hanya tangan dan mata yang bergerak, kecuali jika harus mencontohkan gerakan tertentu. Tetapi tidak harus berpindah-pindah tempat.

Pilihan aktivitas yang sering dipilih adalah
- ke toko buku Gramedia
- menulis blog sekali-sekali, jika berkenan boleh kunjung ke www.diannisanailahanin.blogspot.co.id
- mengobrol dengan bunda/teman akrab
- membaca novel
- menggambar sekali-sekali
- merajut
- menari/dance dengan disertai contoh melalui media televisi



No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...