Saturday, April 29, 2017

Kebersamaan yang bermakna

Setiap bareng dengan anak banyak hal yang ditemui, seharusnya dicatat, sehingga bisa kita amati kecenderungan anak ini suka apa, minat apa, sifat uniknya apa dan bakatnya apa..

Jika bicara tentang gaya belajar, anak saya yang ketiga suka membaca, minat dalam membaca sudah tampak walau harus dimotivasi terlebih dahulu. Suka menonton. Mungkin saya masih belum bisa membedakan dia suka menonton memang panggilan hati atau kecanduan menonton. Jika sudah menonton rasanya dia sudah menemukan dunianya. Tetap saya batasi karena televisi kurang bagus untuk perkembangannya. 

Untuk mengetahui sesuatu, dia suka bertanya, jika belum jelas atau menemui kata-kata asing di telinganya, dia kembali bertanya. Penjelasan yang memadai akan memuaskan dia. 

Pada waktu memilih permainan, saya memberi pilihan beberapa permainan, ada puzzle, ada permainan pasir sintetis, monopoli, namun tidak ada yang dipilihnya, dia malah memilih  bermain masak-masakan. Untuk pilihan, dia cukup bisa bertahan dengan pilihannya sendiri. 

Untuk mempengaruhi dia, saya mencontohkan atau bermain sendiri puzzle, dan asyik sendiri dengan tujuan memancing dia untuk ikut bermain. Pertama mendekat, dan akhirnya mau ikut bermain. Dia harus melihat orang lain terlebih dahulu untuk bermain, lihat keasyikannya dan proses selanjutnya dia mau bermain sendiri, walau tetep harus ada saya disampingnya. 

Jika bermain dengan temannya, dia tidak mendominasi, sangat kooperatif, mau menerima saran temannya dan kadang-kadang dia pun mengusulkan sesuatu kepada temannya. Ada kalanya  dia tidak mau dipaksa, ada kalanya dia dengan mudah mau menerima saran dari temannya.

Antusias pada saat diajak hiking menuju air terjun, sejauh 800 meter, sesekali melintasi sungai berbatu dan jalan terjal nan licin. Luar biasa, ditengah hujan masuk hutan dan hiking. Dia semangat dan tanpa lelah, saya tanya ternyata dia suka bermain dan bersentuhan dengan alam. Setelah melihat kakaknya yang mengambil daun lebar untuk menutupi kepalanya dari hujan, dia pun ikut mencari daun lebar untuk menutupi kepalanya. Sampai memuju air terjun pun dia ikut bergabung dengan kakak yang lain. Main air dan seru-seruan. 

Rasanya ciri-ciri yang nampak lebih ke ciri-ciri gaya belajar visual dan auditory

Seiring berjalannya pengamatan, semoga makin banyak di dapat data yang menunjukkan gaya belajar dia yang sebenarnya.


No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...