Sunday, April 30, 2017

Gaya belajar saat belajar berenang

Belajar berenang, perlu pembiasaan terlebih dahulu, berkenalan dengan air, terbiasa dengan air, celupin kepala, dan terus dimotivasi agar tetap semangat, dan masih banyak tahap lainnya.

Buat Mitha anak saya yang ketiga umur 6 tahun sudah mulai terbiasa dengan air, keinginannya untuk bisa berenang begitu besar, berbanding lurus dengan keraguan dan ketakutannya tenggelam. Memang harus bertahap sebagai orang tua tidak boleh menggegasnya agar cepat bisa, pelan-pelan dan harus sabar ngajarinnya.

Gaya belajar yang paling efektif untuk mitha saat untuk berenang ini adalah dengan melihat contoh. Kakak-kakaknya memberi contoh bagaimana membiasakan diri di air, celupin kepala dan melihat bawah permukaan air dengan alat bantu kacamata renang. Mencelupkan kepala ke dalam air dimulai pada saat balita, menggunakan pelampung/ban yang melingkar di pinggangnya, lama-lama dilatih tanpa ban tapi menggunakan pelampung tangan. Menggunakan pelampung tangan melatih kaki untuk terus bergerak, ini menimbulkan sensasi yang agak bikin mitha takut karena jika tidak menggerakkan kaki maka pelampung tidak terlalu kuat menahan.

Kami memberi penjelasan kepada mitha bahwa badan kita akan bisa melayang sendiri jika kita bisa tenang dan tidak panik, gaya angkat di air akan bekerja jika kita melepaskan ketakutan kita. Pertama dicontohkan oleh kakaknya yang juga dengan sabar mendampingi mitha agar bisa berenang. "Gini lho, dek.."

Dengan semangat dia mau mencoba, bahkan hampir putus asa, dan mukanya sudah berubah karena belum sempurna melayangnya, tapi akhirnya badannya telah terbiasa dengan air dan sedikit demi sedikit sudah bisa melepaskan ketakutan dan membentuk keyakinannya bahwa badannya bisa melayang di air.  "Yeeeayy mitha bisa..."

Kakaknya terlihat seneng banget dan mitha dapat ciuman pipi dari kakaknya..

Lanjut yaa

Disinilah perlunya berlatih dengan waktu yang teratur dan dengan jarak yang tidak terlalu lama. 

Jauh hari sebelum berenang saya berikan tontonan video tahapan cara berenang buat anak-anak. Dia senang dan menyimak dengan baik, hasilnya semakin ga sabar untuk mencoba langsung di kolam. Jauh dari bayangannya setelah di kolam tidak semudah seperti yang ditontonnya, sempat hampir menyerah dan akhirnya belajar berenang diselingi dengan bermain-main.

Suka dengan melihat contoh dan ingin mencoba setelahnya.

Saat ini alhamdulilah sudah bagus bisa berenang dengan jarak sekitar 5 meter, tapi belum bisa mengambil nafas, bertahap dulu..

No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...