Wednesday, June 14, 2017

Mitha.. ayo bunda bacain cerita yaa...

Bunda: "Mitha, ayo baca buku.."
Mitha: "Ayo.., tapi mitha maunya buku yang kecil-kecil aja"
Bunda: "Buku ini aja yaa, (sambil menunjuk buku kumpulan dongeng, Hans Christian Andersen)"
Mitha: "Ga mau, mitha mau yang ada gambarnya"
Bunda: "Bunda bacain dulu ya.., ini ceritanya bagus, mitha dengerin aja ya.."
Mitha: "Iyaa deh"


Sepenggal dialog membujuk mitha untuk mau dibacakan buku yang tebal. Mulailah membaca, salah satu cerita di dalamnya yang judulnya "Kisah seorang anak yang menginjak roti". Eh ternyata dia suka ceritanya dan terlihat menikmati alur ceritanya. Banyak pelajaran di dalam cerita itu, ada hal positif dan negatif. Mitha yang 6 tahun bisa menyebutkan sesuatu yang seharusnya dilakukan dan sesuatu yang tidak seharusnya dilakukan.
 
Dari dialog di atas, anak-anak perlu diperkenalkan buku-buku yang berjenis Living Book, yaitu buku-buku yang memiliki keindahan bahasa, keindahan cerita dan terdapat banyak hikmah yang terkandung. Semacam kisah-kisah Nabi dan Rasul adalah Living Book yang sangat perlu kita perkenalkan kepada anak-anak. Agar menjadi teladan buat mereka.
 
Mengapa Living book? 
Karena kalau tidak dibiasakan membaca bacaan berbobot, anak-anak akan terbiasa baca buku yang berjenis twaddle atau sangat ringan dan kurang memiliki keindahan bahasa. Ketika saya bacakan cerita, banyak kata-kata baru untuk mitha, nambah lagi kosa katanya. Memang sangat penting banyak membaca itu.
 
Sekarang mitha sering minta dibacakan cerita dari buku dongeng itu..Nanti ada gilirannya dia akan menceritakan kembali apa yang sudah pernah didengarnya.


Beberapa waktu yang lalu, sudah pernah mencoba membaca buku dongeng itu sebanyak 5 lembar. Padahal buku itu tulisannya lumayan kecil dan sangat membosankan karena tidak ada gambar sama sekali, alhamdulilah dia sudah mau, walaupun belum bisa sepenuhnya menangkap maknanya, ini PR lagi buat saya..


Semangaat....

No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...