Friday, March 10, 2017

Catatan Kemandirian (10)

Mitha umur hampir 6 tahun saat ini tidur sudah terpisah kamar dengan saya, tapi masih harus dikeloni sebelum tidur dan dipeluk dibagian perut. 

Beberapa bulan yang lalu kami sepakat untuk berangsur-angsur melatih kemandirian tidur sendiri. Target tanpa ditemani atau dikeloni dan tanpa dipeluk sebelum tidur ini melibatkan ketegasan saya juga yang terkadang masih pengen berlama-lama dan masih seneng peluk-peluk dia sebelum tidur. 

Tahapan yang kami sepakati:
1. Tidur ditemani disampingnya sampai tertidur tapi tidak dipeluk
2. Tidur diantar ke tempat tidur saja dan tidak tidur di sampingnya.
3. Tidur tanpa diantar ke tempat tidur.

Tahapan pertama ini yang sudah dicoba walau masih belum berhasil, karena mitha masih susah tidur jika tidak dipeluk, dan saya pun masih takut kehilangan momen peluk dia. Mungkin tahapan ini masih akan saya tunda sampai 6 bulan lagi.

Yang jadi pertanyaan dalam diri saya, benarkah sudah perlakuan saya ini untuk melatih kemandiriannya, apa memang lebih baik menunda beberapa bulan untuk lebih mengeratkan bonding saya dengannya? 

Semoga Allah segera memberikan jawaban dan petunjuk kepada saya dalam bentuk apapun dan semoga saya dapat membaca petunjuk yang diberikan Allah..

No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...