Wednesday, March 8, 2017

Catatan Kemandirian (8)

Kemandirian memang seharusnya dilatihkan ke anak, namun dalam prakteknya sering orang tua, gemes kalau ngeliat anak tidak segera mengerjakan apa yang seharusnya dikerjakan. 

Misalnya bangun subuh karena harus melaksanakan sholat subuh dan bersiap untuk sekolah. Pengennya kita orang tua, anak dengan segera bangun untuk sholat subuh, dilanjutkan dengan bersiap menuju ke sekolah, sarapan, mandi dan berangkat. Tapi yang terjadi adalah sebaliknya anak telat bangun, subuh sudah lewat waktu bahkan hanya sempat mandi dan mempersiapkan buku yang akan dibawa tepat sebelum berangkat, pagi-pagi jadi kemrungsung alias buru-buru. 

Apatah lagi sarapan, mana sempaat.. tak jarang orang tua melakukan 10 kesalahan seperti yang saya kutip melalui picture yang saya ambil di fb bapak Dono Baswardono, berikut ini: 

 Dengan kita melakukan salah satu saja diantara 10 kekeliruan tersebut, anak bisa jadi langsung bangun dan segera bergegas dengan alasan takut. 

Dapat berangkat tepat waktu dan tidak terlambat, dapat sholat tepat waktu dan tidak terlambat. 
Tapi apakah anak bahagia? 
Apakah anak akan tumbuh kesadaran dalam beribadah? 
Dikhawatirkan anak membenci sholat, anak membenci sekolah dan anak bisa membenci orangtua seumur hidupnya..

Yang seharusnya kita lakukan adalah menumbuhkan gairahnya, menumbuhkan kesadaran dalam dirinya, dengan berlaku lemah lembut kepada anak sekaligus tegas. Menyalurkan emosi negatif pada tempatnya. Dan memperkuat lagi bonding dengan anak, kalau dekat dengan anak, kita merasa seperti teman main dan takut untuk menyakiti perasaannya. 

Semua bisa berjalan dengan semestinya kalau orang tua melakukannya dengan smooth. Ini PR buat sayaa...

No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...