Thursday, March 30, 2017

Travelling Project (6)

Hari ini acara berenang bersama. Jika dilihat lagi tujuan awal travelling project ini adalah untuk mengerjakan sesuatu dengan mandiri, mengembangkan hobby dan kesenangan, yang tiap anak berbeda, bernarasi baik dengan lisan atau tulisan, maka project ini ada sebagian yang sudah dilakukan sesuai dengan tujuan, ada juga yang belum bisa dilakukan. Salah satunya kemandirian yang masih harus terus diingatkan, misalnya mandi pagi, mandi sore, menjemur handuk, membuang sampah pada tempatnya, mengembalikan barang pada tempatnya, makan dan sholat sesuai waktunya, mencuci piring setelah makan. 

Selama ada waktu anak-anak asyik bermain bersama sepupu-sepupunya, anak-anak yang besar suka menggambar, mengecat, membuat slime, membuat pizza, sekali-sekali menonton hiburan di Youtube, sedangkan anak-anak yang lebih kecil senang bermain sepeda, saling bercerita dan bermain drama. 

Saat berenang bersama masih dengan kelompok anak besar dan anak yang lebih kecil, anak-anak yang lebih kecil bermain di kolam yang kecil, dan juga anak besar sudah berani berenang di kolam dewasa hingga kedalaman 180 cm.

Yang belum dilakukan adalah Nisa belum bisa menyalurkan hobbynya memotret, saya pun akhirnya ragu, apa benar hobbynya adalah fotografi? Dan ingin menjadi fotografer, selama perjalanan kemaren tak satu pun momen yang di shoot.. Agaknya perlu di-review lagi apakah benar hobbynya adalah memotret?

Tiara dalam hari-harinya selalu tak lepas dari menggambar, walaupun masih mencontoh, namun hasilnya bisa dibilang mirip dan hidup. Memang udah jelas bakatmu, Nak. Tugas orang tua yang mengarahkan dan memberi ruang untuk berkarya. Menemukan profesi apa yang sesuai demgan kamu dan menemukan maestro yang tepat.

Sedangkan Mitha anakku yang terkecil masih suka bersepeda berkeliling. Happy jika bersepeda dan bermain bersama sepupunya. Seperti tidak pernah lelah.

Setelah seru dengan aktivitas berenang, anak-anak diajak ke rumah tetangga yang kebetulan menjual mainan kayu, anak-anak langsung bermain sesuai kesenangannya, ada yang main pasir, main mobil-mobilan kayu dan lain-lain. Seru dengan mainan kayu kemudian ditutup dengan kegiatan membuat pizza di rumah.

Demikianlah hari terakhir aktivitas anak-anak di rumah sepupunya di Cikarang, besok kami sudah harus berpisah dan kembali kepada aktivitas masing-masing.

No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...