Thursday, March 2, 2017

Catatan kemandirian (3)

Membersihkan tempat tidur adalah kebiasaan sederhana yang harus dilatihkan kepada anak-anak. Saya membiasakan kepada anak-anak agar sebelum meninggalkan kamar, handuk telah dijemur, baju kotor telah masuk keranjang, bantal guling, sprei sudah rapi, lebih bagus jika disapu. 

Cara yang lumayan efektif saya selalu melongok ke kamar sebelum mengantar anak-anak sekolah, jika belum rapi, tidak jadi berangkat sekolah sampai tempat tidur dan kamar rapi. Cara ini sudah disepakati sebelumnya. Ternyata anak-anak sudah bisa konsisten menjaga kamarnya agar selalu bersih. Pembiasaan ini memakan waktu sekitar 1 sampai 2 minggu.

Kalau diperhatikan, anak-anak butuh waktu untuk pembiasannya, masing-masing anak berbeda, ada yang cepat ada juga yang perlu selalu dimotivasi. Cara memotivasinya, dengan diberikan pengertian, teguran oleh kakak atau adiknya, atau konsekuensi yang sudah disetujui sebelumnya.

Namun jika kondisi yang tidak memungkinkan, masih diberikan fleksibilitas terhadap anak-anak, dengan tetap diberikan pengertian.

No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...