Tuesday, March 7, 2017

Catatan Kemandirian (7)

Baru tadi pagi kami ngobrol tentang beberapa teman mereka yang telah baligh.

"Bun, si yuyun (bukan nama sebenarnya) sudah haidh lho bun.." kata anakku
"Oh yaa, baru kelas 4 yaa padahal.." kataku..
"Iya bun, badannya sudah gede dan tinggi."

Saatnya memberikan pengertian tentang akil dan baligh..
Saya memberikan pengertian bahwa antara aqil dan baligh itu berbeda, aqil artinya akalnya telah sampai (berakal) koordinasi antara otak dan hati sejalan dan baligh itu artinya telah mencapai kematangan secara fisik. Ada kesenjangan antara pencapaian aqil dan baligh. Bila seorang anak telah mencapai masa balighnya yang artinya dia telah mengalami menstruasi atau mimpi untuk anak laki-laki, tidak serta merta anak itu pun telah mencapai aqilnya. 

Bagaimana anak yang telah mencapai aqilnya? 
- Telah memiliki kesadaran dalam beribadah kepada Allah, memiliki kemandirian dalam melaksanakan ibadah, karena fitrah keimanannya tumbuh dengan baik.
- Mampu menjalankan ketentuan Allah dan tidak melakukan larangan Allah dengan kesadaran sendiri, memiliki self kontrol yang baik.
- Mencapai kemandirian dalam memenuhi kebutuhan dirinya sendiri.
- Mencapai kemandirian finansial atau paling tidak dapat menghasilkan sesuatu dari keterampilannya atau keahliannya.
- Mampu menyiapkan makanan untuk dirinya ataupun untuk keluarga
-Mampu ditinggal sementara waktu di rumah tanpa orang tua
-Mampu melakukan persiapan perjalanan, mulai dari memesan tiket, check in dll.

Cara mencapai kemandirian tersebut tidak lain dengan dilatihkan ke anak-anak.

Kemudian saya menambahkan bahwa jika kita menemukan anak yang secara fisik telah dewasa tapi masih kekanak-kanakan kemungkinan dia belum mencapai aqilnya. 

Karena itu anak-anakku, yang harus kita capai adalah "aqil", karena aqil mengharuskan kita untuk belajar banyak hal tentang kehidupan, berlatih dan berjuang melawan kemalasan, melawan diri kita sendiri. Berjuang untuk kemandirian. Berjuang untuk selalu berada di jalan Allah.

Dan bunda berusaha agar selalu mendampingi kalian mencapai aqil baligh, dan berdoa semoga anak-anak bunda dapat mencapai aqil dan baligh secara bersama-sama.

No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...