Sunday, March 5, 2017

Catatan Kemandirian (5)

Kemandirian anak perlu banyak dilatih lagi, yang jadi PR banget buat saya adalah gimana caranya agar anak-anak bisa bangun pagi.

Tantangannya adalah dia punya keinginan untuk bangun pagi, tapi tubuhnya belum bisa untuk segera bangun jika sudah sampai waktunya. 

Saat ini usaha yang saya lakukan:
1. Membiasakan tidur awal paling lambat jam 21.30 sudah tidur, lebih bagus tidur jam 21.00. Biasanya jam 21.00 sudah dikondisikan untuk tidur dan selesai sikat gigi dan sholat isya.

2. Menceritakan bahwa kita punya kewajiban untuk bersyukur kepada Allah dengan sholat shubuh.

3. Menceritakan bagaimana saya bisa bangun  pagi di awal waktu. Yaitu berlatih setiap hari dan memberikan afirmasi pada diri sendiri bahwa akan bangun sebelum waktu shubuh.

4. Sebelum tidur diingatkan untuk membaca doa dan membaca Alfatihah dan beberapa surah pendek.

5. Tanyakan padanya bagaimana cara membangunkan yang sesuai dengan keinginan dia.

Walaupun belum berhasil, dan selalu bangun setelah Shubuh atau sekitar jam 7 pagi, jika dibiarkan bisa jam 8  baru bangun dan keluar dari kamar, tapi usaha harus terus konsisten.

Apa anak ini terlalu lelah dan bosan dengan aktivitas sesudahnya?

Atau dia memang tipe anak yang tidak bisa diburu-buru.

Atau saran seorang teman, disaat membangunkan, sambil kita ceritakan hal-hal yang menarik, yang membuat dia buka mata, juga dengan mendoakannya, pastikan hanya kata-kata yang baik yang keluar dari mulut kita.



No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...