Friday, December 15, 2017

Nasihat dari sebuah kisah



Weekend ini Islamic center akan diramaikan dengan ustadz favorit saya Mohamad Fauzil Adhim, tokoh parenting Islami yang mumpuni baik teori ataupun prakteknya. 

Teringat kajiannya tentang polemik terhadap larangan  menggunakan kata “jangan” dalam mendidik anak atau dalam kehidupan sehari-hari anak. Beliau selalu mengambil panduannya dari Al Quran. Di dalam Quran banyak menggunakan kata “jangan”, artinya semua boleh kecuali yang dilarang. Lebih banyak hal yang dibolehkan daripada yang tidak diperbolehkan. Kata “jangan”  juga artinya peringatan terhadap sesuatu yang jika dikerjakan malah membawa kemudharatan. 

Dalam surah Luqman diceritakan tentang bagaimana ayah Luqman menasihatinya dengan lembut. Pertama memanggil anaknya dengan sebutan sayang, kemudian larangan terhadap menyekutukan Allah, setelah itu ada penjelasan untuk anak agar mengerti mengapa larangan itu diberikan kepada anak.

Dengan kisah-kisah dalam Al-Quran membuat kita umatnya menjadi lebih mengerti bagaimana mengaplikasikan makna sebuah ayat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan catatan ada kemauan untuk belajar.

Masih banyak kisah-kisah penuh makna lainnya yang diceritakan oleh Ustadz ini dalam setiap kajiannya. Dan semuanya menginspirasi, retorikanya begitu sempurna. Andai saya bisa ikut kajiannya kali ini di Tabalong alangkah happynya..Semoga kapan-kapan bisa mengikuti langsung kajian beliau.

No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...