Friday, December 22, 2017

Yuuk.. bangun kelekatan dengan mendongeng, bercerita, mengobrol

Bismilah

Berdiam diri sejenak, mengalirkan rasa 

Mendongeng ke anak-anak kita tidak memerlukan keahlian khusus, mendongeng hanya memerlukan kemauan, mendongeng adalah sarana agar anak dan orangtua memiliki kedekatan secara fisik, kedekatan secara emotional, kelekatan, keakraban satu sama lain. Mendongeng bisa juga dengan mengobrol sebuah topik dengan anak-anak yang lebih besar, mendekati atau sudah masuk usia aqil baligh. Yang intinya terjadi percakapan seru, penuh makna antara orangtua dan anak.

Mendongeng  hanyalah sarana namun sangat efektif jika orangtua mau menjalankannya. Sangat disayangkan jika ada orang tua yang  tidak punya waktu untuk menjalaninya. Misal karena sibuk bekerja atau sibuk dengan tugas-tugas kerumahtanggaan atau sibuk dengan banyaknya organisasi yang dia ikuti, sibuk online atau sibuk nonton serial drama korea atau menonton televisi yang bisa menghabiskan seluruh waktu berharganya. Menjadikan anak-anak ini ga kepegang, disuruh bermain sendiri, dicuekin, dikasih gadget, karena dianggap menganggu pekerjaannya, dianggap menjadi beban, sehingga sebisa mungkin anak-anak dibuat jauh dengan orangtuanya sendiri.

Dari alasan orangtua ituu lihat lagi deh, anak itu punya hak untuk kita tunaikan, hak-hak anak yang tidak kita tunaikan sekarang, akan berakibat buruk dimasa yang akan datang. Sekarang siih memang orang tua belum merasakan apa-apa, anak-anak masih fine aja. Nantinya ketika anak sudah punya kekuatan untuk melawan, dia akan gunakan kekuatan itu untuk menuntut haknya. Bisa dalam bentuk susah diatur, pemarah, meminta sesuatu dengan mengancam, merokok bahkan pergaulan  bebas dan narkoba. Semoga tidak terjadi pada anak-anak kita.

Mencegah lebih baik daripada mengobati, iyaa udah pasti, klo mengobati apalagi mengobati anak yang kurang kasih sayangnya udah kronis, repot banget deh.
Lebih baik sekarang anak-anak masih tergantung dengan kita orangtuanya, manfaatkan waktu sebaik-baiknya, fokus dan luangkan waktu untuk anak. Bagi orang tua, ibu dan terutama para ayah sang pencari nafkah, torehkan sedikit kalau tidak bisa banyak, hehe sedikit saja kenangan yang bisa dia ingat sepanjang hidupnya. Bahwa kita orangtuanya pernah berada dalam masa kecil yang indah..

Duuh nyesek niih, secara udah lupaa kapan masa kecil yang indah bersama orang tua saya...

No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...