Monday, December 25, 2017

Masa kecilku yang special

Masa kecil bersama orang tua

Hmmmmmm klo cerita tentang masa kecil bukan untuk menjelekkan siapapun yaa tapi lebih untuk mengeluarkan semua terutama yang ga enak buat self healing ke diri sendiri sih tujuannya. Karena posisi saat ini saya sudah memahami, menerima dan berusaha untuk move on dari keadaan yang tidak mengenakkan. Juga sudah menyadari bahwa apapun yang dilakukan di dunia ini pasti ada pertanggungjawabannya. Diharapkan saya tidak mengulang lagi kesalahan yang lalu, dan dapat meneladani yang baik dari kejadian masa lampau.


Yang saya ingat saya dimarahin bapak karena masih ngompol di usia sekitar 5-6 tahunan, muka aku di ciumkan ke kasur sampe basah semua mukaku..mamah bela saya dan saya ditenangin. Segalak itukah? Enggak..mencoba mengingat ingat memang itu yang keluar dari memory otak saya ini.

Sebenernya bapak orang yang baik, mungkin beliau bosen aja karena saya ini keseringan ngompol di kasur. Kalo sebab ngompol ini kemungkinan juga karena saya sering dibully sama kakak saya. Pembully-an berupa pukulan secara fisik dan banyak ejekan-ejekan yang menyakitkan buat saya. Lebih tepatnya lebay saya nanggapinnya dan sering banget nantis bombay. Sehingga tekanan atau depresi ini muncul dalam bentuk ngompol diwaktu kecil.

Sedari saya lahir sudah dibully, dimulai dari asi (air susu ibu) yang sering direbut oleh kakak karena jarak lahir kami dekat hanya 1,5 tahun, sudah agak besar saya dipukul dan direbut mainan, makanan dan barang-barang kesukaan saya. Tujuannya untuk membuat saya marah dan nangis. Emang dasar sayanya yang lemah dan ga tau gimana cara melawan, yah akhirnya berasa menderita dan akhirnya bikin penyakit psikis tertentu yang kronis bahkan hingga saat dewasa. Walaupun saya sedikit demi sedikit sudah move on. Bapak dan Mamah selalu menyuruh saya untuk mengalah, biar tidak diganggu lagi katanya.

Ya begitulaah masa kecil saya yang kurang indah di keluarga.

Ibu saya baik aja, selalu ingin menyenangkan anak, tapi karena bapak adalah seorang tentara jadi yaah uang lebih diprioritaskan untuk keperluan primer. Ditambah lagi di rumah keluarga kami masih menanggung 2 orang adik mamah yang masih sekolah. 

“Ayah ada ayah tiada” semenjak dulu udah kejadian kok, yang namanya dipeluk sama bapak, saya ga pernah merasakan. Apalagi bermain bersama bapak? Gimana sih rasanya? 

Saya pikir seorang bapak emang begitu. Galak, menakutkan, dan ga pernah peluk anak. Walaupun bapak terkesan kaku ada kebaikan bapak yang saya pelajari disiplin, jujur, sholat tidak pernah ketinggalan, mengaji, suka membaca, cerdas, dahulunya bapak seorang dosen. Riwayat pendidikannya dokter umum karena alasan ekonomi, beralih ke dokter hewan, kabarnya pendidikan dokter hewan lebih murah. Jadi bapak lulus sebagai dokter hewan dan masuk wajib militer, jadinyaa dokter hewan tentara, begitulah. Sempat menjadi dosen di Universitas Gajah Mada. Dan bapak berhenti menjadi dosen karena memutuskan untuk menjadi tentara. Sangat disayangkan menurut saya..

Selain suka membaca tulisan bapak pernah dimuat di majalah Intisari sekitar tahun 1980an. Dulu masih saya simpan majalahnya saya baca juga dan keren kok tulisannya. Bapak juga ngajarin klo sedang adzan, langsung bersiap untuk sholat, terutama adzan maghrib, televisi tidak boleh dinyalakan dan harus langsung sholat berjamaah. Sayanya aja kadang-kadang ga ikut berjamaah karena biasalah klo baca surah agak lama hehehe

Anehnyaa kebaikan bapak semua ada di dalam diri saya. Cieee.. entah kenapa yaa? Saya juga diam-diam ternyata mengidolakan beliau tanpa sadar mencontoh beliau. Keburukannya klo boleh dibilang sekitar 50 persennya ada juga di saya duuuh parah niih..

Keliatan sayang dengan saya klo saya nanya pelajaran yang sulit, bapak jelasin dengan baik dan sabar. Mungkin karena sayanya juga cepet ngerti. Jadi bapak seneng hehehe

Klo sama kakak saya yang pertama, waah galak dan pasti kakak saya nangis setiap belajar. Gara-gara dicubit dan dibentakin. Ya Allah..

Selain itu bapak sama sekali ga mau nganter ke sekolah, heran deh kenapa ini bapak? Tapi kita-kita sih oke aja karena ada transportasi lain kaya becak atau ojek. Memang sih kita anak-anaknya jadi mandiri dan mikir untuk nyari jalan gimana caranya biar bisa pergi ke sekolah, udah SMP sih waktu itu. Dan sempet mikir, bapak tega amat siih, udah hujan-hujan masih disuruh mikir gimana pergi ke sekolah. Hikmahnya..sampai sekarang saya oke aja mau naik angkot, naik becak, naik bajaj okelah yang penting sampai ke tujuan. 

Waktu kami, anak-anaknya sudah besar, kami udah punya power atau sedikit keberanian dan bisa protes ke bapak, gantian deh saya dan kakak komplain ke bapak tentang apapun, walaupun susah untuk berubah paling tidak, bapak mengerti apa yang  diinginkan anak-anaknya.

Jadi inget nih, pernah dulu  waktu kelas 4 SD saya dijemput dari sekolah karena mau dibawa ke dokter gigi, itu saja rasanya seneng banget, rasanya kaya disayang. Apalagi jika orangtua melakukan lebih sering dan dengan tulus, bayangkan aja dampaknya ke anak. Oh iyaa jarang melarang sih klo kedua orangtua saya, lebih ke membiarkan aja selama tidak berbahaya. Main hujan-hujanan boleeh, camping boleeh walaupun agak susah waktu itu ijinnya, main masak-masakan pake api di halaman juga boleh. Sampai lulus SMA kuliah nyeberang pulau juga oke-oke aja tanpa dianter dan dipikirin kost-kostan dan lain-lainnya. Beda lah sama anak kebanyakan. Ciee lagi..

Klo bahagia masa anak-anak banyak saya dapat dari bermain dengan teman-teman di sekitar rumah. Banyak aktifitas seru, manjat pohon, main ayunan, main gelantungan di pohon, main jungkat jungkit, petak umpet, gobak sodor.. dan lain-lain maklumlah anak angkatan hampir tahun 80an.

Kesimpulannya saya jarang main sama orangtua, saya main sama saudara dan temen-teman. Saya yakin orang tua sayaang sama semua anaknya tapi karena mungkin ilmu belum sampai kepadanya menjadikan kasih sayangnya kurang maksimal. 






No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...