Tuesday, April 7, 2020

Efek samping Eating Clean

Ada efek samping gara-gara menerapkan pola makan Eating Clean,  apa itu?

1. Sampah atau lebih baik disebut sisa konsumsi, berupa sisa konsumsi organik, kulit buah, biji buah, sisa batang sayur, biji buah menjadi lebih banyak, sayang banget kalo ga diolah, saya sudah banyak lihat teman-teman yang telaten membuat kompos dan bisa digunakan menjadi pupuk tanaman. Karena belum bergerak juga Allah punya cara untuk menggerakkan saya menjadi mau bikin kompos hehehe.

Saya akhirnya ambil kelas untuk membuat komposter, kenapa harus ambil kelas kok tidak searching aja di youtube.. hehe Kalo saya ikut kelas rasanya lebih bertanggungjawab untuk mengamalkan, ga lewat gitu aja. Syukurnya kelas mbak DK Wardhani masih available, biasanya penuh. Alhamdulilah semoga bisa segera bikin kompos dan nanam sendiri…

Kayanya gardening ini project saya berikutnya. Cihuuyy

2. Efek samping kedua, hari ini saya baru saja beberes lemari simpanan makanan kering di dapur. Saya berkomitmen pada diri sendiri untuk tidak makan gula rafinasi (gula yang sekarang lagi naik banget harganya) bukan karena alasan mahal, tapi karena alasan bahwa gula tidak ramah untuk tubuh, menyebabkan berbagai gangguan dalam tubuh. Selain melenyapkan gula dari dapur, ada lagi yang terpaksa disapu bersih dari lemari, apa aja? bumbu penyedap buatan yang berbentuk bubuk, bumbu instan nasi goreng, kaldu blok buatan, gula halus, permen fox kesukaan anak-anak dan aku juga, mie instan, dan tepung-tepungan. Alhamdulilah lemari menjadi bersih, dan sebisa mungkin tidak tergoda untuk memakan jenis tersebut lagi.

Hasil Sweeping Lemari


3. Efek samping yang ketiga, mendapat insight bahwa “Jika ingin hidup Zerowaste, maka mulailah dari Eating Clean” 

Saya lebih dulu mengenal zerowaste, setelah itu Allah tunjukkan bahwa saya harus hidup sehat lewat jalan Eating Clean. Saat hanya mengenal zerowaste, saya tetap kewalahan dengan kemasan-kemasan yang masuk ke dalam rumah. Saya masih membeli susu, yang pasti ada kemasannya, santan instan, bumbu penyedap instan, kemasan jajan anak-anak, kemasan tepung, margarin, keju, jus buah kemasan, cemilan kriuk, kerupuk. Sekarang Alhamdulilah berkurang kemasan-kemasan yang masuk ke dalam rumah, sudah jarang main-main ke mini market untuk beli jajan. Mainnya ke pasar tradisional, borong buah dan sayur. Makanya kewalahan dengan sisa konsumsi organik ini.


4. Efek samping yang lumayan berpengaruh besar juga adalah saya tidak menghasilkan minyak jelantah karena saya berusaha tidak pernah menggoreng-goreng lagi, kecuali dengan minyak sedikit dan ikut dikonsumsi tidak bersisa seperti menumis atau memanggang. Tapi ganti juga dengan minyak yang sehat yaa, yaitu minyak kelapa.

Semoga kedepannya banyak efek samping yang baik yang dirasakan.

Mari sematkan badge “very good” untuk semangatnya



#tantangan30hari
#bundacekatan1
#tahapkepompong
#institutibuprofesional
#harikelimabelas

No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...