Thursday, April 2, 2020

Tentang Nasi Putih

Halooo.. hari ini kita mau tau lebih jauh tentang nasi putih? Mengapa nasi putih kurang sehat?

Fakta tentang nasi putih, berikut beberapa kutipannya.

Makanlah nasi cokelat, dalam buku “Mau Sehat, jauhi rumah sakit dan obat” oleh Dr Shin Woo Seob.

Pada nasi cokelat terkandung karbohidrat yang merupakan sumber utama penghasil energi bagi tubuh kita, protein dan mineral, serta tinggi serat yang bermanfaat untuk pergerakan usus dan detoksifikasi, sehingga dapat disebut sebagai makanan pokok yang paling sempurna. Bahkan jika hanya mengkonsumsi nasi cokelat pun, kita dapat memcerna dan menyerap nutrisi dengan sempurna, sehingga tubuh tidak perlu lagi mengkonsumsi makanan lain. Agar dapat menyerap nutrisi yang terkandung pada nasi cokelat dengan sempurna, kita harus mengunyahnya dengan perlahan. Agar tetap berselera boleh ditambahkan 2-3 jenis lauk yang dapat membantu tubuh mencerna nasi cokelat dengan baik dan dapat membuat makanan menjadi nikmat.

Hal pertama yang dapat dilakukan untuk dapat menyembuhkan semua penyakit adalah dengan memulai kebiasaan mengonsumsi nasi cokelat yang memiliki kandungan nutrisi yang sempurna dan dapat memenuhi kebutuhan tubuh, sebagai makanan pokok sehari-hari.

Ketika usus mencerna dengan perlahan setiap makanan yang kita konsumsi, saat itu juga gula darah akan perlahan naik. Jika gula darah naik secara perlahan dan turun secara perlahan pula, kita tidak akan terserang gejala gula darah rendah. Akan tetapi, cepat atau tidaknya naik dan turunnya kadar gula darah sangat bergantung pada makanan yang kita konsumsi

Makanan yang dapat menaikkan gula darah dengan cepat adalah nasi putih, makanan yang berbahan dasar tepung terigu, makanan olahan pabrik, makanan cepat saji, minuman kemasan. Makanan tersebut juga jika dikonsumsi membuat gula darah turun dengan cepat. Akibatnya membuat otak sulit fokus karena gula darah yang rendah menurunkan semangat dan stamina serta menyebabkan ketidakseimbangan pada kinerja organ tubuh. Kepala menjadi berat, tubuh menjadi cepat lelah, akhirnya harus mencari asupan makanan yang dapat mempercepat naiknya gula darah. Inilah yang membuat kecanduan makanan yang manis-manis.

Jika pola makan tersebut terus berlanjut, pengendalian kadar gula darah yang dilakukan oleh pankreas akan terganggu sehingga dapat memicu terjadinya diabetes, bahkan lebih parahnya lagi dapat menuju ke kanker pankreas.




Dalam buku The miracle of enzyme oleh HiromiShinya, MD

Nasi putih adalah “makanan mati”

Banyak orang yang lebih suka menyantap nasi putih karena warnanya putih, empuk, rasanya manis dan penampilannya lebih baik, tetapi pada kenyataannya, beras putih adalah beras yang bagian-bagian terpentingnya telah disingkirkan. Beras putih adalah makanan mati. Beras putih tidak lagi mengandung bagian kulit ari maupun mata berasnya, bahkan jika direndam dalam air, beras putih hanya akan membengkak tanpa berkecambah atau menumbuhkan tunas. Dilain pihak, beras cokelat dapat menumbuhkan tunas jika direndam dalam air dalam suhu yang tepat. Beras cokelat adalah makanan hidup yang memiliki potensi untuk menumbuhkan kehidupan. Ini sebabnya dikatakan bahwa beras putih adalah makanan yang tidak hidup atau makanan mati.

Betapapun baik kualitasnya, beras putih hanya memiliki sekitar ¼ dari nutrisi yang dikandung oleh beras cokelat. Banyak nutrisi yang tersimpan dalam bagian mata beras.

Pilih beras cokelat dalam kemasan hampa udara untuk menghindari beras tersebut terkena okaigen. Begitu kemasan dibuka, usahakan menyantapnya dalam waktu 10 hari karena beras teroksidasi bila kena udara. Oksidasi terjadi jauh lebih cepat pada beras putih daripada beras cokelat karena kulit ari beras putih telah dikupas. Ini sama halnya dengan apel yang telah dikupas dengan segera berubah warna menjadi cokelat.

Beras yang kita makan adalah benih dari tanaman padi. Dalam kondisi aslinya benih ini terbungkus dalam sekam beras. Jika sekam disingkirkan, yang tertinggal adalah yang biasanya disebut beras cokelat. Jika seluruh lapisan kulit ari beras itu sudah disingkirkan yang tersisa adalah mata berasnya. Jika mata beras ini disingkirkan, albumen, yaitu beras putih adalah satu-satunya yang tersisa.

Dalam buku Eating Clean oleh Inge Tumiwa

Disimpulkan bahwa beras putih sudah melewati proses pembersihan yang disebut bleaching yang mengakibatkan hilangnyabkulit ari serta nutrisi penting dan hanya menyisakan bagian bertepung untuk dikonsumsi. Sama dengan sumber karbohidrat sederhana lainnya, nasi putih memiliki kadar gula tinggi, tetapi minim nutrisi.

Mengapa beralih ke nasi merah atau nasi cokelat?

Beras merah dan cokelat adalah karbohidrat kompleks yang masih kaya kandungan vitamin dan mineralnya. Karena masih terdapat kulit arinya, membuat makanan ini dicerna secara lebih perlahan dalam tubuh sehingga membuat proses penyerapan glucosa dalam tubuh berjalan lebih lambat dan juga membuat rasa kenyang lebih lama.

Juga berlaku untuk nasi hitam. Nasi merah, nasi cokelat dan nasi hitam termasuk jenis karbohidrat yang sehat karena kaya serat dan sangat bergizi. Ketiganya kaya vitamin B1 dan B2, zat besi, magnesium, zink, dan kalsium.

Manfaat ketiga beras ini sangat luar biasa:
-kesehatan tulang
-membantu menurunkan kolesterol
-menjaga keseimbangan gula darah
-mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga baik untuk kesehatan kulit, mencegah dan memperbaiki kerusakan sel dalam tubuh, melawan radikal bebas di dalam tubuh.

Demikian kutipan dari beberapa sumber bacaan, agaknya sudah cukup bukti untuk pelan-pelan mengganti nasi putih makanan kesayangan sehari-hari, menjadi nasi merah/nasi cokelat/nasi hitam. Alhamdulilah tim jelajah dunia sudah 2 bulan ini makan dengan nasi merah/nasi cokelat/nasi hitam. Semoga ikhtiar sehat ini tetap konsisten kami lakukan
Beras cokelat
Beras Merah

Mari sematkan badge “very good” untuk keseriusan dalam urusan asupan makanan.


#tantangan30hari
#bundacekatan
#tahapkepompong
#institutibuprofesional
#harikesepuluh





No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...