Tuesday, April 14, 2020

Sehat Qalbu


Halooo.. sampai juga di tantangan hari ke 23

Masih dengan tema hidup sehat, selain harus sehat badan, harus sehat pula jiwanya. Jiwa erat hubungannya dengan hati. Ada jurus menyehatkan Qalbu/hati ala Rasulullah seperti dalam buku JSR oleh dr. Zaidul Akbar

Keyakinan kepada Allah, semua mungkin kalau Allah berkehendak. Allah berfirman, “Janganlah berputus asa dari rahmat Allah”

Memperbaiki amal ibadah kepada Allah, salah satunya berprasangka baik kepada Allah. Segala yang diberikan Allah untuk hambaNya adalah untuk kebaikan. Hadits Qudsi, Allah berfirman, “Allah baik dan hanya menerima yang baik”. Cara mendekati Allah adalah dengan berbuat kebaikan sebanyak-banyaknya. Dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda mengenai Allah,”Aku sesuah persangkaan hamba-Ku” Iman adalah kekebalan tubuh terbaik, jika mau jiwa dan raga sehat, jagalah iman. Iman yang baik senantiasa menjaga sikap, akhlak, buri pekerti, atau tingkah lakunya kepada Allah dan kepada manusia. Dasar dari kesehatan adalah amal ibadah yang dikerjakan secara benar.

Menjaga Hati, Iman dan Pikiran. Emosi yang baik berasal dari keimanan yang terjaga. Keimanan akan menghasilkan kebahagiaan yang luar biasa. Allah berfirman, “Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin…” QS Al-Fath 48:4. Orang-orang yang menjaga keimanannya pasti memiliki hati dan emosi yang baik.

Beribadah dengan benar. Amal ibadah yang dapat mendukung kesehatan kita jika dilakukan dengan benar dan sungguh-sungguh. Wudhu, sholat, membaca Al Quran, berdoa, sedekah, haji dan umroh.

Perbanyak bersujud, saat sujud dalam sholat, posisi jantung mengarah ke otak, saat itulah jantung dapat menyalurkan darah ke otak secara optimal. Otak merupakan organ yang sangat membutuhkan oksigen.

Dasyatnya Subuh dan Bangun Pagi. Pada waktu subuh hingga dhuha ada hal luar biasa yang diberikan Allah kepada Bumi ini. Peningkatan Nitric Oxide (NO) atau gas ozon di dalam udara dan mulai menghilang ketika matahari terbit. Ketika matahari terbit, cahaya matahari tampak kemerahan. Cahaya merah ini digunakan untuk menghasilkan vitamin pada kulit.

Demikian kutipan sebagian isi buku JSR, untuk hidup sehat harus paham kita sebagai pribadi kudu gimana, harus ngapain. Panduannya sudah ada tinggal action, open mind, mohon kepada Allah lembutkan hati untuk menerima petunjuk yang Allah berikan, mohon dimampukan untuk membaca petunjuk yang Allah kasih dalam berbagai bentuk dan cara.

Bismilah.. lanjutkan hidup sehat hidup bahagia, bunda sehat, bunda bahagia.

Tantangan kali ini memperoleh badge satisfactory, karena merasa belum maksimal.



#tantangan30hari
#bundacekatan1
#tahapkepompong
#institutibuprofesional
#harikeduapuluhtiga

No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...