Friday, April 17, 2020

Tentang Telur


Dalam kuning telur terkandung berbagai macam vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan antara lain vitamin B12 yang penting untuk kesehatan syaraf dan darah. Telur juga merupakan sumber protein yang baik yang mengandung asam amino, untuk membangun otot, meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu mengurangi stress. Namun telur yang benar-benar sehat. Yaitu telur yang berasal dari ayam kampung liar dan ayam organik. Karena ayam-ayam tersebut diternak dengan bahan pangan alami, beban bahan kimia, termasuk antibiotik dan suntikan hormon.

Cara memasak juga harus benar, yaitu dimasak dengan minyak goreng yang sehat yaitu minyak goreng kelapa, ghee, atau clarified butter.

Selain telur ayam, ada telur burung puyuh, telur bebek, dan telur ikan. Telur bebek ini tinggi protein, lemak sehat dan vitamin, antara lain vitamin D. Dan banyak mengandung selenium yang punya banyak manfaat kesehatan antara lain sebagai salah satu antioksidan menangkal radikal bebas, meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu memproduksi hormon tyroid. Telur bebek juga mengandung zat besi yang berfungsi untuk memproduksi sel darah merah. Telur bebek juga bisa diawetkan dengan cara diasinkan. Jika harus memakan telur asin, pilihlah telur asin yang dibuat dengan menggunakan garam laut.

Telur ikan juga banyak dikonsumsi manusia modern, hati-hati ada banyak telur ikan yang dibuat dengan cara diproses secara kimia. Banyak disajikan di restoran-restoran ala Jepang di Indonesia.

Demikian dirangkum dari buku Eating Clean Series. Walau sehat dan banyak mengandung protein, mengkonsumsi telur juga tidak boleh berlebihan. Banyak sumber protein yang sehat lainnya yang berasal dari ikan. Biasakan konsumsi makan sehari-hari dengan gizi yang seimbang, dan makanan yang bervariasi agar terpenuhi kebutuhan asam amino esensial bagi tubuh.

Badge kali ini adalah “very good”








#tantangan30hari
#bundacekatan1
#tahapkepompong
#institutibuprofesional
#harikeduapuluhlima

No comments:

Post a Comment

Mastermind dan False Celebration

  Anggota Tim yang memberikan sarannya:  #ibupembaharu #bundasalihah #darirumahuntukdunia #hexagoncity #institutibuprofesional #semestaberka...